Apple watch terbaru dikabarkan bakal menggunakan prosesor anyar

Apple watch terbaru dikabarkan bakal menggunakan prosesor anyar

Techno.id - Apple Watch versi anyar Apple Watch 9 dikabarkan akan menggunakan prosesor terbaru yang dapat memberikan performa yang jauh lebih baik dari pendahulunya. Dilansir Bloomberg yang dikutip dari macrumors, Apple Watch 9 dikabarkan akan menggunakan prosesor S9 (Series 9) yang didasarkan pada teknologi prosesor Apple A15, prosesor pertama yang digunakan pada iPhone 13.

Hal ini pun menjadi kabar baik mengingat Apple tidak memperbarui prosesor yang digunakan pada Apple Watch. Sebagai gambaran, prosesor yang digunakan pada Apple Watch 8 yaitu S8 dibuat berdasarkan prosesor Apple A13 Bionic. Melansir dari xda-developer, Apple pada dasarnya menggunakan prosesor yang sama sejak Apple Watch 6 kendati tetap menambahkan fitur-fitur baru dalam perjalanannya.

Apple watch terbaru dikabarkan bakal menggunakan prosesor anyar foto: apple.com

Lantas, apakah prosesor terbaru ini akan berdampak signifikan pada performa Apple Watch? Melansir dari xda-developer, kemungkinan tidak ada perubahan besar ataupun fitur baru pada prosesor ini. Walau demikian karena merupakan prosesor yang benar-benar baru, prosesor S9 seharusnya memiliki performa yang lebih baik dari prosesor-prosesor sebelumnya.

Peningkatan performa pada prosesor tersebut kemungkinan adalah pada aspek kecepatan dan juga efisiensi. Menurut macrumors, hal tersebut berujung pada proses loading yang lebih cepat. Selain itu, umur baterai pada Apple watch 9 juga akan lebih lama. Macrumors juga menambahkan bahwa prosesor S9 pada Apple Watch 9 juga sedikit banyaknya akan mendukung fitur baru di Watch OS 10.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)