5 Hal yang wajib diketahui tentang pesan terenkripsi di WhatsApp,

5 Hal yang wajib diketahui tentang pesan terenkripsi di WhatsApp,

Pesan terenkripsi WhatsApp

3. Apakah enkripsi hanya melindungi pesan yang saya kirimkan?

Tidak. Coba bayangkan semua hal yang pengguna bagikan kepada teman, keluarga, dan kolega melalui platform perpesanan. Foto, dokumen, catatan suara, dan bahkan panggilan suara dan video yang dibuat.

Aplikasi perpesanan yang memiliki enkripsi end-to-end secara default akan memberikan tingkat perlindungan yang sama untuk semua hal ini.

5 Hal yang wajib diketahui tentang pesan terenkripsi di WhatsApp,  foto: freepik.com/rawpixel.com

4. Apa yang terjadi ketika saya mencadangkan percakapan?

Berkirim pesan dengan teman dan keluarga merupakan hal yang penting. WhatsApp memastikan bahwa pesan-pesan tersebut tetap aman dan terjaga kerahasiaannya, bahkan ketika WhatsApp mencadangkannya ke Cloud.

Di WhatsApp, misalnya, secara default pesan hanya akan disimpan di memori ponsel pengguna. Pencadangan terenkripsi end-to-end memastikan bahwa pesan pengguna akan semakin terlindungi ketika mereka mencadangkannya ke layanan Cloud mana pun yang digunakan.

Pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan pencadangan terenkripsi di WhatsApp, dan pesan-pesan tersebut akan langsung terlindungi oleh kunci enkripsi 64 digit atau kata sandi (yang tidak dapat diatur ulang melalui sistem 'lupa kata sandi').

5. Apakah terdapat cara lain untuk membuat percakapan saya menjadi lebih privat?

Selain enkripsi end-to-end, setiap aplikasi perpesanan menawarkan berbagai fitur privasi tambahan yang berbeda. Misalnya, pengguna mungkin ingin membuat pesan tidak tersedia selamanya. Dengan fitur Pesan Sementara,penggunadapat memilih berapa lama pesan tetap ada (dari satu hari hingga beberapa bulan) sebelum dihapus secara otomatis.

Di WhatsApp, selain fitur Pesan Sementara, pengguna juga dapat mengaktifkan lapisan perlindungan tambahan dengan mengaktifkan sejumlah fitur seperti Kunci Pesan (yang memungkinkan pengguna menempatkan pesan-pesan tertentu dalam sebuah folder terkunci), mengatur siapa saja yang dapat menambahkanpengguna ke dalam Grup, dan memastikan visibilitas status daring pengguna.

(brl/red)