Bug WhatsApp dikabarkan secara diam-diam akses mikrofon di HP Android, ini penjelasannya

Bug WhatsApp dikabarkan secara diam-diam akses mikrofon di HP Android, ini penjelasannya

Techno.id - Beberapa waktu lalu jagat Twitter dihebohkan oleh kabar kalau WhatsApp diam-diam menjalankan mikrofon tanpa sepengetahuan penggunanya. Capture keterangan penggunaan audio WA ketika sang pemilik smartphone tidur tersebut viral.

Dalam gambar yang diunggah di Twitter, tampak aplikasi WhatsApp menjalankan mikrofon di latar belakang pada smartphone milik pengunggah yaitu Pixel 7 Pro. Kejadian ini berlangsung selama ia tidur dan baru menyadarinya ketika bangun pukul 6 pagi.

Situasi menjadi tambah panas ketika sang pemilik Twitter, Elon Musk, ikut mengutip cuitan Foad Dabiri. Di balasan komentarnya yang lain menyatakan bahwa hal semacam itu dikarenakan para petinggi WhatsApp yang dulunya tergabung dalam Facebook telah banyak berbuat hal yang kurang baik.

Dilansir techno.id dari akun WhatsApp di Twitter pada Kamis (11/5), pihak WA menjelaskan terkait permasalahan tersebut. Dari unggahannya, WhatsApp telah melakukan kontak selama 24 jam terakhir dengan Foad Dabiri perihal kejadian yang dialaminya.

Klarifikasi juga diberikan pada cuitan itu oleh WhatsApp bahwa penyebabnya adalah bug pada Android yang menyalahartikan informasi di Privacy Dashboard perangkatnya. WhatsApp juga telah meminta Google untuk menyelidiki dan memperbaikinya.

(Pengguna memiliki kendali penuh atas pengaturan mikrofonnya.

Setelah diberikan izin, WhatsApp hanya mengakses mikrofon ketika pengguna melakukan panggilan atau merekam catatan suara atau video - dan bahkan dalam hal ini, komunikasi tersebut dilindungi oleh enkripsi end-to-end sehingga WhatsApp tidak dapat mendengarnya.)

Dikutip dari laman endgadget, Google telah mengonfirmasi jika bug pada perangkat Android yang membuat pengguna WhatsApp menghasilkan indikator privasi yang salah dan berimplikasi pada Privacy Dashboard.


(brl/guf)