Sebagian besar pengemudi masih menggunakan smartphone saat berkendara

Sebagian besar pengemudi masih menggunakan smartphone saat berkendara

Techno.id - Apakah Anda mau mempertaruhkan nyawa hanya untuk membalas pesan di smartphone? Pastinya, Anda akan menjawab tidak. Namun sayangnya, itu hanyalah ucapan di bibir saja dan tidak ditunjukkan dengan tindakan nyata.

Hal ini diketahui setelah PhoneArena (17/12/2015) melakukan sebuah survei tentang penggunaan smartphone saat berkendara. Sebanyak 1.315 responden pembaca online PhoneArena diminta menjawab dengan jujur ketika ditanya "Apakah Anda menggunakan smartphone saat berkendara?".

Hasilnya, sungguh mengejutkan, dari 1.315 orang terdapat lebih dari 80 persen responden menggunakan smartphone saat berkendara, namun dengan frekuensi pemakaian yang berbeda-beda. Sebanyak 118 orang (8,97 persen) mengatakan sering menggunakan smartphone. Kemudian, ada 263 orang (20 persen) mengaku cukup sering memakai smartphone, dan 388 orang (29,51 persen) mengatakan hanya sesekali menggunakan smartphone.

Sementara untuk kalangan yang disiplin dalam berkendara, didapatkan hasil sebanyak 310 orang (23,57 persen) mengaku hampir tidak pernah menggunakan smartphone. Bahkan, terdapat 236 orang (17,95 persen) dengan jujur mengatakan tidak pernah memakai smartphone saat berkendara di jalan.

Dari hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa ternyata masih banyak juga orang yang tidak memedulikan nyawanya hanya untuk sebuah smartphone. Mereka semua ingin selamat sampai tujuan, tetapi beberapa dari mereka tidak bersikap disiplin selama berkendara. Menurut Anda bagaimana perilaku orang yang melakukan tindakan seperti itu?

Sebagian besar pengemudi masih menggunakan smartphone saat berkendara

(brl/red)