CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 6 Desember 2015 17:00

Pejalan kaki cedera karena smartphone, salah siapa?

Survei: Pejalan kaki yang bermain smartphone cenderung menolak disalahkan

Pejalan kaki cedera karena smartphone, salah siapa?

Techno.id - Teknologi smartphone memang telah banyak membantu kehidupan manusia. Namun jika tidak digunakan dengan bijak, teknologi smartphone ternyata juga dapat menjadi sebuah petaka bagi manusia itu sendiri.

Sebuah studi di tahun 2013 mengungkapkan, jumlah pejalan kaki yang cedera karena smartphone di tahun 2004 hingga 2010 telah meningkat sebesar dua kali lipat. Pertanyaannya, siapa yang patut disalahkan?

Menurut hasil survei terbaru, beberapa pejalan kaki di Amerika Serikat mengatakan bahwa kesalahan terletak pada si pejalan kaki. Menariknya, mayoritas dari mereka justru menyalahkan fasilitas jalan.

Survei yang melibatkan sekitar 2.000 orang dewasa ini menemukan, 90 persen dari mereka mengaku sering melihat pejalan kaki sambil bermain smartphone. Namun hanya 37 persen yang mengaku juga melakukan hal tersebut.

Lalu, apa yang mereka lakukan dengan smartphone saat berjalan kaki? Sebanyak 85 persen mengatakan bahwa mereka lebih sering mengakses pesan instan, e-mail, dan game. Sedangkan 28 persen sisanya mengaku karena kebiasaan.

Seorang ahli bedah ortopedi yang terlibat dalam survei, Alan Hilibrand menegaskan bahwa hal tersebut adalah murni kesalahan manusia. "Ini bukan masalah yang disebabkan oleh 'orang lain'," ujarnya seperti dikutip dari Ars Technica (05/12).

WHAT TO READ NEXT ?