User berusia 18-29 tahun paling susah jauh dari smartphone

User berusia 18-29 tahun paling susah jauh dari smartphone

Techno.id - Seberapa kecanduankah Anda dengan smartphone? Tentu jawaban dari pertanyaan tersebut bisa bervariasi. Variabel untuk menilai taraf kecanduan smartphone itu sendiri pun beragam. Namun, gejala yang paling mudah bisa dilihat dari frekuensi user untuk memeriksa ponsel pintarnya.

Gallup telah menyurvei 15.747 pemilik smartphone di Amerika Serikat dari rentang usia 18 sampai 65 tahun ke atas. Ternyata, 72 persen dari responden itu mengaku mengecek ponsel mereka setidaknya sekali setiap jam.

Di samping itu, ditemukan pula bahwa remaja dan orang dewasa di kisaran umur 18-29 ialah user yang paling kecanduan dengan smartphone. Pasalnya, mereka sangat susah untuk menahan diri supaya tidak memeriksa ponsel.

Buktinya, 22 persen di antara mereka pun kedapatan mengecek ponsel setiap beberapa menit sekali. Sementara 51 persen dari mereka memeriksa ponselnya selama beberapa kali dalam kurun waktu satu jam.

Persentase itu adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan responden di kelompok usia lain. Sementara itu, bisa ditebak, user berusia 65 tahun ke atas ialah pengguna smartphone yang paling pasif.

Data selengkapnya dari survei yang dihelat sejak 17 April sampai 18 Mei 2015 ini tersaji di grafis buatan Statista (23/07/15) berikut:

User berusia 18-29 tahun paling susah jauh dari smartphone
Rentang usia user di AS yang paling kecanduan dengan smartphone 2015 Statista

Nah, menurut Anda, kalau survei ini diaplikasikan di Indonesia, apakah hasilnya akan sama?

(brl/red)