Peneliti kembangkan teknologi lampu LED yang jauh lebih murah

Peneliti kembangkan teknologi lampu LED yang jauh lebih murah

Techno.id - Selama ini, lampu LED memang dikenal mampu menghasilkan kualitas cahaya yang lebih baik namun dengan konsumsi energi yang lebih rendah ketimbang lampu konvensional. Sayangnya, lampu LED tidaklah murah.

Atas dasar tersebut, para peneliti mengaku telah menemukan teknologi baru guna 'menambal' celah tersebut. Artinya, lampu LED di masa depan diklaim akan jauh lebih murah.

"Secara umum, biaya pencerahan LED telah menjadi perhatian besar sejauh ini, di mana penghematan energi masih belum diimbangi oleh biaya yang tinggi," ujar Zhibin Yu, salah seorang peneliti dari dari Florida State University.

"Temuan baru kami bisa saja mengubah fakta itu. Temuan ini juga dapat merevolusi teknologi lampu (LED) di masa depan," imbuh pria yang juga berprofesi sebagai seorang profesor Teknik Mesin sebagaimana dikutip dari NDTV (29/08).

Dalam penelitiannya, profesor Yu dan rekan-rekannya menggunakan kombinasi bahan organik dan anorganik. Kedua jenis bahan itu kemudian dilarutkan dan dibentuk secara khusus hingga dapat menghasilkan sinar untuk bola lampu.

Menariknya, proses pembuatan itu diklaim jauh lebih sederhana dan mudah daripada yang saat ini beredar di pasaran. Jika LED konvensional membutuhkan empat hingga lima lapisan, profesor Yu dan rekan-rekannya hanya membutuhkan satu!

"Di masa depan, membuat lampu LED yang terdiri dari beberapa lapisan akan menjadi sebuah tantangan besar bagi setiap pabrik," tambah profesor Yu.

(brl/red)