Siapkan misi Mars, sejumlah peneliti buat rover untuk 'menambang' air

Techno.id - Misi eksplorasi besar-besaran ke Mars memang baru akan dilakukan pada 2030 mendatang, tapi sejumlah peneliti nampaknya telah menyiapkan beberapa perangkat untuk mengeksplorasi "planet merah" tersebut. Dari laporan NDTV (26/8/15), para peneliti asal Singapore University of Technology and Design serta Australia Gilmour Space Technologies diketahui telah mengembangkan sebuah prototipe rover khusus yang dapat digunakan untuk 'menambang' air di Mars.

Prototipe rover yang dijuluki Mars Aqua Retrieval System atau disingkat MARS disebutkan mampu mendeteksi kadar air di permukaan padat planet Mars. Perangkat yang menghabiskan dana sebesar Rp140 jutaan ini dilaporkan mampu menahan 30 persen dari suhu dan tekanan di Mars. Nah, karena kemampuannya tersebut MARS diklaim mampu menemukan sumber air yang tersimpan di bawah permukaan mars.

MARS dilaporkan mampu mengekstrak air dari tanah, mengumpulkan, dan menyimpannya. Kemampuan tersebut didapat karena pengguna microwave dan perangkap dingin yang digunakan untuk memisahkan dan mengumpulkan cairan. Selain itu, setiap proses pengambilan air kabarnya juga didukung oleh sistem penggerak dasar dengan dua roda bertenaga untuk memindahkan rover ke beberapa daerah sasaran.

Jika MARS telah menemukan daerah yang mengandung banyak air, maka secara otomatis ia akan menurunkan microwave di atas tanah dan memanaskan tanah selama 20 menit. Nah, uap air yang dihasilkan dari pemanasan tersebut nantinya akan memasuki pipa koleksi dan mengarah ke tas kondensor di mana air akan mengembun dan menetes ke dalam kotak koleksi.

Dalam serangkaian uji coba yang dilakukan, tim peneliti mengklaim mampu mengumpulkan air dari tanah beku sebanyak 4 gram per 4 menit. Capaian ini tentunya sangat menggembirakan para peneliti, pasalnya dengan kemampuan yang dimiliki bisa jadi perangkat ini nantinya dapat menjadi salah satu alat yang digunakan tim perjalanan ke planet Mars di tahun 2030 untuk membantu penyelesaian misi eksplorasi. Terlebih lagi, NASA telah memberikan tanggapan positif terhadap perangkat rover MARS ini.