Limbah kertas bisa dijadikan sumber energi baru pengganti minyak tanah

Limbah kertas bisa dijadikan sumber energi baru pengganti minyak tanah

Techno.id - Tumpukan limbah kertas yang menurut Anda tidak berguna, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi baru pengganti minyak tanah. Sebuah tim ilmuwan dari Hong Kong dan Hungaria sedang mengembangkan solusi terbaru sumber energi pembakaran yang berasal dari limbah kertas.

Penelitian yang dipimpin oleh Istvan T. Horvath dari Universitas City di Hong Kong ini memulai penelitian dengan mengumpulkan limbah kertas dan koran bekas. Setelah terkumpul banyak, mereka mencampur limbah tersebut dengan asam sulfat sebagai katalis yang nantinya akan berubah menjadi asam levulinic dan asam formic. Kemudian, perubahan asam tadi akan menjadi senyawa yang dikenal sebagai gamma-valerolactone (GVL), seperti yang dikutip dari Gizmag (27/8/15).

Konon katanya, senyawa GVL ini tidak mengeluarkan asap beracun ketika dipakai sebagai sumber bahan bakar di pelita selama beberapa jam. Hal ini jelas menjadi nilai tambah dari penemuan ilmuwan tersebut. Pasalnya, bila dibandingkan dengan minyak tanah, GVL tidak berbahaya sedangkan emisi dari bahan bakar minyak tanah lebih berbahaya bagi kesehatan.

Namun sayang, GVL bekerja lebih lambat dari minyak tanah. Meski demikian, bila Anda mengombinasikan GVL dengan etanol maka Anda dapat membakar arang dalam beberapa detik saja. Diharapkan dari temuan ini, GVL dapat dijadikan sumber energi terbarukan yang murah agar bisa dimanfaatkan masyarakat menengah ke bawah.

(brl/red)