CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 19 Maret 2016 00:49

Kata siapa Mac OS X paling aman?

Telah ditemukan ransomware yang menyerang sistem operasi tersebut bernama KeRanger.

Kata siapa Mac OS X paling aman?

Techno.id - Predikat Mac OS X sebagai segelintir sistem operasi teraman sejauh ini telah ternoda. Malware baru bernama KeRanger (OSX.Keranger)-lah yang merusak titel itu. KeRanger menyebar dengan cepat awal Maret ini berkat installer Transmission BitTorrent yang terinfeksi.

Sepak-terjang KeRanger pada dasarnya mirip dengan ransomware di Windows. Setelah ter-install, KeRanger bakal mengenkripsi sekitar 300 jenis file di perangkat korban. Tak lama, malware ini akan menampilkan pesan agar korban membayar tebusan sebesar 1 bitcoin (sekitar Rp5 jutaan). Pembayarannya pun tersembunyi, yakni dilangsungkan di situs yang ada dalam jaringan Tor.

Bobolnya Mac OS X ini disebabkan karena KeRanger ternyata sudah terdaftar dengan Mac Developer iD yang valid. Tak ayal, ransomware ini mampu melewati hadangan Gatekeeper OS X. Sebagai langkah antisipasi, Apple telah mencabut ID Developer tersebut pasca dimanfaatkan oleh KeRanger. Pihak Transmission sendiri sudah menganjurkan penggunanya untuk upgrade ke versi 2.92 yang lebih aman.

Mengutip rilis Symantec Security Response yang diterima Techno.id (15/03/16), ada baiknya agar pengguna Mac OS X melakukan backup secara teratur sembari rajin memperbarui sistem operasi dan software antivirus. Menghapus email-email mencurigakan juga bagian dari pencegahan infeksi KeRanger.

WHAT TO READ NEXT ?