Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie'

Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie'

Techno.id - Kinerja ponsel Android kamu melambat setelah mengunduh aplikasi pihak ketiga yang bukan dari Google Play? Banyak yang manganggap masalah lambatnya ponsel setelah menginstal aplikasi dari pihak ketiga disebabkan virus.

Nah sebelum mulai mencoba menghapus malware Android, reboot ponsel kamu untuk memastikan kinerjanya tidak lamban. Pada sebagian besar ponsel, tahan tombol daya fisik pada perangkat dan kamu dapat memilih Restart jika tidak ingin mematikan atau menyalakan kembali secara manual.

Jika masalah masih ditemukan, coba hapus cache Android pada aplikasi peramban untuk menghapus jejak yang tersisa dari situs-situs tersebut. Jika masalah masih terus berlanjut, bisa jadi ponsel kamu telah terinfeksi malware melalui aplikasi yang baru saja kamu unduh.

Sebelum melakukan tindakan untuk menghapus virus, sebaiknya kamu ingat-ingat terlebih dahulu, apakah masalah mulai terjadi setelah kamu mengunduh aplikasi atau file tertentu? Apakah kamu baru saja memuat aplikasi Android dari sumber pihak ketiga di luar Play Store? Apakah kamu mengetuk iklan yang mengunduh file yang tidak diinginkan? Atau apakah masalah hanya terjadi ketika kamu menjalankan aplikasi tertentu?

Nah bagi kebanyakan orang, pengaturan ulang pabrik adalah pilihan terakhir untuk menghapus semua file termasuk virus. Namun sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan tanpa harus reset pabrik.

1. Periksa ponsel kamu apakah ada aplikasi yang tidak diinginkan

Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie' foto: freepik/rawpixel.com

Jika kamu melihat pemberitahuan yang tidak diinginkan, termasuk baterai ponsel kamu terkuras habis, atau mengalami kinerja yang lamban, kemungkinan kamu telah menginstal aplikasi jahat. Untuk mengatasinya, kunjungi Pengaturan > Aplikasi > Lihat semua aplikasi, lalu lihat semua aplikasi yang telah kamu instal.

Untuk aplikasi yang tidak kamu kenali, atau bahkan yang sudah lama tidak digunakan, ketuk aplikasi tersebut dan pilih Copot Pemasangan untuk menghapusnya dari ponsel.

Sebaiknya kamu selalu membersihkan aplikasi zombie yang tidak lagi digunakan. Tidak jarang aplikasi tersebut justru menjadi penyebab masalah munculnya virus.

2. Periksa akses aplikasi khusus

Cara menghapus virus dari ponsel Android tanpa reset pabrik, segera hapus aplikasi 'zombie' foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Dalam beberapa kasus, mungkin kamu telah mengizinkan aplikasi Android yang berbahaya untuk berjalan sebagai Administrator Perangkat, dan kamu memberinya izin khusus.

Untuk meninjau aplikasi tersebut, buka Pengaturan > Aplikasi > Akses aplikasi khusus dan pilih Aplikasi admin perangkat. Kamu tidak dapat menghapus aplikasi yang ditetapkan sebagai Admin Perangkat sampai aplikasi tersebut dinonaktifkan di menu ini.

(brl/red)