Jumlah malware Android tahun 2015 terbanyak dalam sejarah

Jumlah malware Android tahun 2015 terbanyak dalam sejarah

Techno.id - Perusahaan keamanan cyber asal Jerman, G DATA, merilis sampel malware di sistem operasi Android untuk tahun 2015. Menurut laporan itu, jumlah malware Android di tahun tersebut merupakan yang terbanyak dalam sejarah.

Mengutip laman Softpedia (27/02), di sepanjang tahun lalu, satu malware Android muncul tiap 11 detik sekali. Jika ditotal, maka jumlahnya mencapai 2.333.777 malware atau naik sekitar 50 persen dari tahun 2014 (1.548.129 malware).

Dari angka tersebut, 758.133 di antaranya terdeteksi sebagai malware baru. Jadi, gambaran sederhananya, para pelaku (di sepanjang 2015) setidaknya telah menyiapkan 2,5 aplikasi untuk menyebar malware lama dan baru mereka.

Para peneliti G DATA memaparkan, modus utama di balik perilaku kriminal ini adalah pangsa pasar Android yang tinggi. Pun demikian dengan perangkat mobile berbasis Android yang kian diandalkan untuk segala aktivitas perbankan.

Ironisnya di samping angka, pertumbuhan malware ini juga mencakup kemampuan. Adapun beberapa malware yang dianggap berbahaya meliputi Acecard, Xbot, Mazar BOT dan Asacub yang mengandalkan trojan (pengincar informasi dan perbankan) dan ransomware.

(brl/red)