CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 13 Maret 2016 21:00

Ingin smartphone Android Anda aman? Jangan pernah lakukan 5 hal ini

Jangan pernah melakukan hal-hal berikut yang dapat membuat perangkat mobile terlebih smartphone berisiko diretas.

Ingin smartphone Android Anda aman? Jangan pernah lakukan 5 hal ini

Techno.id - Kian berkembangnya teknologi dewasa ini, membuat kejahatan yang terjadi pun juga ikut berkembang. Kendati hampir setiap hari berada dalam genggaman dan pengawasan, tak jarang perangkat mobile seperti smartphone yang Anda miliki bisa diakses oleh orang lain.

Nah, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara yang tepat melindungi perangkat mobile yang Anda miliki dari tindak peretasan? Jawabannya, banyak cara.

Ya, banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengamankan perangkat mobile terlebih smartphone dari tindak kejahatan. Namun perlu diingat, dari sekian banyak cara yang ada pastikan Anda tak pernah melakukan hal-hal berikut yang dapat membuat perangkat mobile terlebih smartphone berisiko diretas.

1. Jangan menggunakan layanan otentikasi dua faktor

Seperti dilansir oleh TechRepublic (7/3/16), layanan otentikasi dua faktor yang disediakan oleh beberapa perusahaan jasa internet sebenarnya sangat berbahaya diterapkan saat bertransaksi di dunia maya. Pasalnya, saat smartphone Anda diretas maka Anda bisa saja kehilangan uang, teman-teman, dan kehilangan informasi penting.

Saran kami, gunakan layanan ini hanya pada keadaan tertentu atau informasi tertentu saja. Pastikan tidak menggunakan layanan otentikasi dua faktor pada akun-akun yang berhubungan dengan keuangan atau cara termudahnya Anda bisa menggunakan pertanyaan atau password yang sangat khas dari diri Anda saat ingin menggunakan layanan ini.

2. Jangan lewatkan update aplikasi

Banyak kasus peretasan awalnya bermula dari kelemahan keamanan suatu aplikasi yang Anda instal. Nah, saat pihak developer memberikan update terkait bug yang ada pada aplikasi misalnya, pastikan Anda tidak melewatkannya karena hal ini bisa sangat membantu Anda mengatasi kelemahan keamanan yang berpotensi menjadi celah bagi hacker untuk melakukan peretasan pada perangkat Anda.

WHAT TO READ NEXT ?