CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 16 Maret 2016 16:00

Waspada, malware juga bisa menyusup saat typo!

Ironisnya, malware jenis ini tidak memiliki banyak solusi dan sulit untuk disadari

Waspada, malware juga bisa menyusup saat typo!

Techno.id - Kesalahan dalam mengetik alias typo memang merupakan hal yang wajar. Namun akan lebih baik jika typo dapat diminimalisir semaksimal mungkin. Alasannya, karena malware sudah bisa menyusup hanya melalui typo.

Firma keamanan Endgame, sebagaimana dikutip dari Gizmodo (15/03), melaporkan tidak sedikitnya korban malware hanya karena salah menulis nama domain. Ironisnya, korban juga tak menyadari lantaran domain typo itu meniru antarmuka yang mirip dengan domain asli.

Dalam laporan itu, Endgame mengklaim telah menemukan lebih dari 300 nama domain populer berekstensi .com (dot com) yang dimodifikasi menjadi .om (dot om). Singkat kata, mengakses laman Netflix.om ibarat mengundang malware.

Malware sendiri bisa berupa adware yang sangat mengganggu. Ia biasanya menyamar ke dalam bentuk aplikasi Adobe Flash Player yang minta diperbarui. Secara tidak langsung, di sinilah letak kelemahan malware (calon korban masih berkesempatan menolak pembaruan).

Menurut Endgame, serangan malware semacam ini dijuluki sebagai typosquatting. Yang perlu diketahui, tidak ada solusi bagi para korban kecuali dengan mengurangi kesalahan dalam penulisan itu sendiri.

WHAT TO READ NEXT ?