CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 13 Mei 2016 17:00

Suntik kompetitor Uber Rp13 triliun, Apple ingin gulingkan Uber?

Perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu telah berinvestasi untuk Didi Chuxing, kompetitor Uber di Tiongkok.

Suntik kompetitor Uber Rp13 triliun, Apple ingin gulingkan Uber?

Techno.id - Keputusan yang cukup penting sudah diambil oleh Apple. Raksasa Cupertino itu baru saja menyuntikkan Rp13 triliunan pada Didi Chuxing, startup yang bergerak di bidang transportasi berbasis aplikasi, atau dalam kata lain pesaing besar Uber di Tiongkok.

Mengutip Reuters.com (13/05/16), langkah ini dijalani demi beberapa target. Namun yang terpenting, mereka berharap investasi ini bisa membuat mereka memahami market Tiongkok lebih baik.

"Kami berinvestasi untuk sejumlah alasan strategis, termasuk kesempatan untuk mempelajari lebih dalam soal segmen tertentu dari pasar Tiongkok. Tentu kami juga percaya modal yang kembali juga akan besar di kemudian hari," terang sang CEO, Tim Cook.

Langkah Apple untuk mengucurkan dana besar ke perusahaan Didi Chuxing ini diyakini ada kaitannya dengan melemahnya bisnis smartphone mereka di sana. Sebagai pasar ponsel terbesar di dunia, tentu Apple tak ingin kalah dari vendor lokal setempat dan mengikhlaskan penurunan penjualan di Tiongkok yang mencapai Rp1.600 triliun lebih dalam tiga bulan terakhir.

Namun di samping itu, ada juga kemungkinan kalau Apple ingin menggulung bisnis Uber di sana. Faktanya, Didi Chuxing saat ini mendominasi industri ride-sharing di Negeri Tirai Bambu dengan pangsa pasar mencapai 80 persen. Di sisi lain, Uber malah tampak kesusahan menyaingi perusahaan yang berdiri tahun 2012 tersebut. Terbukti, Travis Kalanick cs mengaku rugi Rp13 triliunan per tahunnya di Tiongkok sejak beroperasi di sana pada pertengahan 2014.

WHAT TO READ NEXT ?