Tips dan trik memaksimalkan daya tahan baterai Samsung Galaxy menggunakan One UI

Tips dan trik memaksimalkan daya tahan baterai Samsung Galaxy menggunakan One UI

Techno.id - Kamu pengguna perangkat Samsung Galaxy? Jika merasa daya baterai perangkat kamu cepat terkuras habis, kamu bisa menggunakan tips dan trik untuk mengurangi konsumsi baterai perangkat tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Kamu dapat melakukannya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan One UI, antarmuka yang terdapat pada ponsel dan tablet Samsung. Maklum, One UI kaya akan fitur dan opsi konfigurasi yang memungkinkan pengguna mengendalikan tindakan dan pembatasan perangkat. Meskipun opsi-opsi ini terkadang agak sulit ditemukan, kamu tidak perlu khawatir.

Jika kamu menginginkan daya tahan baterai yang lebih lama pada perangkat Samsung Galaxy, di bawah ini kamu akan menemukan kompilasi cara dan penyesuaian konfigurasi untuk memaksimalkan kinerja baterai Samsung Galaxy.

Berikut penyesuaian yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan pengaturan tampilan perangkat untuk menghemat masa pakai baterai

Tips dan trik memaksimalkan daya tahan baterai Samsung Galaxy menggunakan One UI foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Mulailah dengan yang paling dasar. Akses menu pengaturan, navigasi ke bagian "Tampilan", aktifkan Mode Gelap pada perangkat selular kamu. Mode ini secara signifikan mengurangi konsumsi baterai, terutama pada panel AMOLED, dibanding mode terang.

2. Di dalam bagian "Display", nonaktifkan fitur yang disebut "Extra brightness." Pada sebagian besar skenario, kecerahan tambahan ini tidak diperlukan dan menghabiskan baterai ekstra, kecuali jika kamu berada langsung di bawah sinar matahari yang terik di Pantai misalnya.

3. Kamu juga dapat mengaktifkan Kecerahan Adaptif dalam bagian "Tampilan" yang sama. Hal ini memungkinkan smartphone kamu menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar. Namun demikian, jika kamu lebih suka mempertahankan kontrol atas pengaturan kecerahan, kamu dapat memilih untuk tidak mengaktifkan fitur ini.

4. Tetap berada di bagian "Layar", beberapa perangkat Samsung Galaxy memungkinkan kamu untuk mengubah resolusi layar. Resolusi FullHD+ (2316x1080p) pada umumnya memberikan pengalaman menonton yang serupa dengan WQHD+ (3088x1440p) sekaligus mengonsumsi daya baterai yang lebih sedikit pada sebagian besar situasi.

5. Pada bagian pengaturan "Screen" yang sama, kamu juga dapat menyesuaikan kecepatan penyegaran, yang disebut sebagai "Fluidity of Motion." Beralihlah dari Adaptive (mampu mencapai 120 Hz) ke Standard (terbatas hingga 60 Hz). Opsi Standard, tentu saja, lebih hemat energi.

6. Kembali ke menu pengaturan utama dan lanjutkan ke bagian "Lock Screen". Di sini, pilih "Always On Display." Kamu memiliki opsi untuk menonaktifkan fitur ini sepenuhnya untuk memaksimalkan penghematan baterai, atau memilih opsi "Tap to Show", yang mengaktifkan Always On Display selama beberapa saat apabila kamu mengetuk layar. Dengan cara ini, kamu bisa mengecek waktu dan notifikasi tanpa menerangi layar sepenuhnya. Direkomendasikan untuk menggunakan pengaturan "Tap to Show".

7. Pada bagian yang sama, pertimbangkan untuk mengaktifkan kecerahan otomatis untuk Always On Display atau mengaturnya ke level minimum, untuk menghemat masa pakai baterai.

(brl/red)