Membongkar 5 mitos daya tahan baterai smartphone, jangan biarkan sampai kosong  

Membongkar 5 mitos daya tahan baterai smartphone, jangan biarkan sampai kosong  

Techno.id - Baterai harus dirawat dengan baik. Sebab baterai adalah bagian penting dari perangkat selular. Namun teknologi baterai belum berkembang secepat teknologi lainnya. Selain itu, ada banyak informasi yang salah tentang baterai.

Beberapa mitos berasal dari teknologi baterai lama dan secara aktif berbahaya ketika diterapkan pada teknologi baterai baru. Sebagai contoh, baterai berbasis nikel harus dikosongkan sepenuhnya, sementara baterai lithium modern tidak boleh dikosongkan sepenuhnya. Berikut beberapa mitos mengenai baterai perangkat selular.

1. Lakukan pengosongan dangkal

Membongkar 5 mitos daya tahan baterai smartphone, jangan biarkan sampai kosong foto: freepik/macrovector

Baterai NiMH dan NiCd lama memiliki efek memori dan harus benar-benar kosong dari 100% hingga 0% untuk menjaga kapasitasnya. Sementara saat ini hampir semua perangkat modern menggunakan baterai Lithium Ion, yang bekerja secara berbeda dan tidak memiliki efek memori.

Malahan, mengosongkan baterai Li-ion secara total akan berdampak buruk. Kamu harus mencoba melakukan pengosongan yang dangkal. Misalnya mengosongkan baterai hingga sekitar 40-70% sebelum mengisi ulang. Usahakan untuk tidak pernah membiarkan baterai berada di bawah 20% kecuali dalam keadaan tertentu.

Jika kamu mengosongkan baterai hingga 50%, mengisi ulang, dan kemudian mengosongkannya hingga 50% lagi, itu akan dihitung sebagai satu siklus dengan baterai Li-ion modern. Kamu tidak perlu khawatir ketika melakukan pengisian daya yang dangkal.

2. Suhu ekstrem dapat merusak baterai

Membongkar 5 mitos daya tahan baterai smartphone, jangan biarkan sampai kosong foto: freepik/user10860774

Panas dapat mengurangi kapasitas baterai. Hal ini memengaruhi semua jenis perangkat. Smartphone akan menjadi panas ketika melakukan tugas yang berat. Jika kamu menggunakan smartphone saat dicolokkan ke sumber listrik juga menjadi sangat panas.

Jika cuaca di tempat kamu tinggal sangat panas atau kamu menyimpan perangkat di tempat yang sangat panas misalnya, di dalam mobil yang panas dan dibiarkan di bawah sinar matahari, baterai akan lebih cepat rusak. Simpan perangkat pada suhu ruangan dan hindari menyimpannya di tempat yang sangat panas. Begitu juga dengan suhu dingin ekstrem yang dapat mengurangi masa pakai baterai.

3. Jangan biarkan baterai dalam kondisi 0%

Membongkar 5 mitos daya tahan baterai smartphone, jangan biarkan sampai kosong foto: feepikcontributorthailand

Kamu tidak boleh membiarkan baterai dalam kondisi kosong sepenuhnya dalam waktu yang lama. Idealnya, baterai tidak boleh terlalu sering kosong sampai nol. Jika itu terjadi, kamu harus mengisinya sesegera mungkin.

Kamu tidak perlu terburu-buru ke stopkontak saat ponsel mati. Tetapi jangan juga langsung menyimpan perangkat dalam keadaan mati dalam waktu yang cukup lama tanpa mengisi dayanya.

Jika kamu membiarkan baterai benar-benar habis dan meninggalkan perangkat dalam waktu lama, maka baterai tidak mampu menahan daya sama sekali, dan mati total.

(brl/red)