Tips dan trik memaksimalkan daya tahan baterai Samsung Galaxy menggunakan One UI

Tips dan trik memaksimalkan daya tahan baterai Samsung Galaxy menggunakan One UI

Maksimalkan daya baterai Samsung menggunakan One UI

Berikut rekomendasi perubahan yang dapat kamu lakukan pada Sistem dan Aplikasi Galaxy untuk membantu menghemat masa pakai baterai

Tips dan trik memaksimalkan daya tahan baterai Samsung Galaxy menggunakan One UI foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Mulailah dengan meninjau dan menghapus aplikasi atau game yang tidak lagi kamu gunakan atau tidak pernah digunakan. Beberapa aplikasi mungkin tidak dapat dihapus, tetapi kamu dapat menonaktifkannya agar tidak berjalan di latar belakang.

2. Pada menu Pengaturan, buka bagian "Perawatan Baterai dan Perangkat", lalu akses "Pengoptimalan Otomatis" dan aktifkan. Fitur ini akan menjaga smartphone kamu tetap dioptimalkan dan secara otomatis memulai ulang saat diperlukan, biasanya saat tidak digunakan.

3. Di dalam menu "Battery & Device Care", pilih "Battery", lalu pilih "Background Usage Limit". Aktifkan "Tangguhkan aplikasi yang tidak digunakan." Ini akan memastikan bahwa aplikasi yang belum kamu hapus instalasinya akan ditidurkan dan tidak akan menguras baterai di latar belakang jika tidak digunakan dalam waktu lama.

4. Pada bagian "Baterai" yang sama, buka "Pengaturan Baterai Lainnya" dan aktifkan opsi "Baterai Adaptif".

5. Pada bagian "Baterai" yang sama, pilih "Profil Performa" dan pilih "Ringan". Ini akan mengurangi kecepatan pemrosesan smartphone kamu untuk memperpanjang masa pakai baterai tanpa memengaruhi kinerja secara signifikan, terutama saat bermain game.

6. Jika kamu melihat sebuah aplikasi di bagian "Baterai" menghabiskan baterai secara berlebihan, kamu dapat mengetuk namanya dan memilih "Batasi di latar belakang." Ingatlah bahwa dengan melakukan ini, kamu mungkin tidak akan menerima semua pemberitahuan dan pembaruan dari aplikasi tersebut sampai kamu aktif menggunakannya.

7. Pada menu Pengaturan utama, arahkan ke bagian "Koneksi", lalu "Wi-Fi". Ketuk tombol tiga titik di sudut kanan atas, lalu pilih "Smart Wi-Fi." Aktifkan "Mode Hemat Daya Wi-Fi."

8. Kembali ke bagian "Koneksi" dan akses "Pengaturan Koneksi Lainnya." Kamu dapat menonaktifkan opsi "Pencarian Perangkat Terdekat". Fitur ini memungkinkan perangkat kamu mencari perangkat lain untuk disambungkan, seperti headphone atau jam tangan pintar, atau ponsel Galaxy lainnya untuk transfer file. Jika kamu tidak menggunakan fitur ini secara teratur, menonaktifkan pilihan ini dapat membantu menghemat masa pakai baterai.

Berikut adalah beberapa tips dasar yang perlu diingat untuk mengoptimalkan daya tahan baterai dan kinerja Samsung Galaxy kamu secara keseluruhan

Tips dan trik memaksimalkan daya tahan baterai Samsung Galaxy menggunakan One UI foto: techno.id/yani andriyansyah

Panel pengaturan cepat

Akses panel pengaturan cepat dengan mengusap ke bawah dua kali dari bagian atas layar. Manfaatkan opsi-opsi ini.

1. Nonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan untuk menghemat baterai.

2. Mengaktifkan mode Penghemat Baterai saat kamu perlu memperpanjang masa pakai baterai.

3. Aktifkan mode Ekstra redup untuk mengurangi kecerahan layar lebih lanjut, yang sangat membantu di malam hari.

Pembaruan aplikasi dan sistem secara teratur

Sangat penting untuk selalu memperbarui semua aplikasi dengan memeriksa dan menginstal versi terbarunya secara teratur. Selain itu, pastikan perangkat Samsung Galaxy kamu menjalankan pembaruan perangkat lunak terbaru, terutama saat versi baru One UI 6.0 tersedia. Pembaruan ini sering kali mencakup peningkatan kinerja, keamanan, dan efisiensi daya.

(brl/red)