Apple dikabarkan sedang mengembangkan baterai sendiri untuk iPhone generasi baru

Apple dikabarkan sedang mengembangkan baterai sendiri untuk iPhone generasi baru

Techno.id - Apple dikabarkan akan mengembangkan baterai sendiri untuk perangkat mereka. Rencana ini bisa jadi dipersiapkan agar perangkat iPhone memiliki daya tahan baterai yang ditingkatkan secara signifikan di masa depan.

Seperti dilaporkan Korea ET News via Revegnus di platform X, Apple dikabarkan berencana mendesain baterainya sendiri yang siap digunakan untuk produknya pada tahun 2025. Artinya, jika rencana ini benar berarti baterai tersebut bukan muncul di iPhone 16, tetapi pada iPhone 17.

Apple dikabarkan sedang mengembangkan baterai sendiri untuk iPhone generasi baru foto: unsplash/kevin bhagat

Kabarnya baterai tersebut juga dapat digunakan di iPad dan MacBook masa depan. Namun ET News mencatat target utama dari langkah ini adalah perangkat mobile. Apple dilaporkan terlibat dalam seluruh proses pengembangan, termasuk melihat material penyusun baterai, seperti bahan anoda dan katoda serta penggunaan tabung nano karbon sebagai bahan konduktif untuk meningkatkan performa material baterai.

Tampaknya, Apple akan berupaya memberikan inovasi pada material untuk mengembangkan baterai yang belum pernah digunakan secara komersial di seluruh dunia. Apple dapat melakukan langkah yang sama seperti inisiatif Apple Silicon, yang melihat penciptaan chip Mac dan iPad internal dengan kinerja yang sangat tinggi, dan menciptakan baterai yang melompati baterai saat ini dalam hal kapasitas, pengisian daya, dan efisiensi.

Mengambil alih kendali

Apple dikabarkan sedang mengembangkan baterai sendiri untuk iPhone generasi baru foto: unsplash/arnel hasanovic

Salah satu alasan mengapa iPhone cenderung selalu masuk dalam daftar smartphone terbaik karena Apple memegang kendali penuh atas hampir semua pengembangan ponsel pintarnya, mulai dari chip internal hingga perangkat lunak yang terkunci dan toko aplikasi yang sangat terkurasi.

Meskipun iPhone tidak sefleksibel dalam hal kustomisasi seperti beberapa smartphone Android, namun iPhone cenderung lebih mudah digunakan. Jadi dengan mengendalikan pengembangan baterai iPhone, Apple akan mengarah pada iPhone yang tidak hanya bertahan lebih lama dalam sekali pengisian daya, tetapi juga mengisi daya lebih cepat dan lebih efisien. Jadi bukan tidak mungkin tahun 2025 bisa menjadi tahun dimulainya evolusi baterai yang dilakukan Apple. Tunggu saja!

(brl/red)