Rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai smartphone Android agar lebih awet

Rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai smartphone Android agar lebih awet

Techno.id - Baterai yang tahan lama menjadi salah satu aspek penting dalam pengalaman menggunakan smartphone Android. Dengan banyaknya penggunaan aplikasi yang beragam, terkadang baterai smartphone dapat cepat terkuras.

Untuk membantu pengguna mengoptimalkan penggunaan daya dan memperpanjang umur baterai, Techno.id memberikan rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai Android pihak ketiga yang dapat membuat awet tahan lama, Kamis (07/12).

1. Dfndr battery

Rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai smartphone Android agar lebih awet foto: apkmonk.com

Dfndr battery merupakan aplikasi penghemat baterai yang cukup popular. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengidentifikasi dan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis, sehingga mengurangi penggunaan daya baterai secara signifikan.

Kelebihan aplikasi ini bisa otomatis mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan daya secara berlebihan dan memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk mengelola aplikasi yang di-hibernasi.

2. AccuBattery

Rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai smartphone Android agar lebih awet foto: play.google.com

AccuBattery bukan hanya sekadar penghemat baterai, tetapi juga menyediakan pemantauan kesehatan baterai secara rinci. Aplikasi ini memberikan informasi tentang tingkat penggunaan daya setiap aplikasi, memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang konsumsi daya.

Keunggulan pada aplikasi ini yaitu dapat memantau kesehatan baterai secara akurat serta memberikan notifikasi saat baterai sudah penuh untuk mencegah overcharging.

3. DU Battery Saver

Rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai smartphone Android agar lebih awet foto: uptodown.com

DU Battery Saver adalah aplikasi all-in-one yang tidak hanya mengoptimalkan penggunaan daya tetapi juga membersihkan file yang tidak perlu untuk meningkatkan kinerja perangkat. Aplikasi ini memliki mode hemat daya yang dapat disesuaikan dan pembersih file cache untuk membebaskan ruang penyimpanan.

4. Battery Doctor (Power Saver)

Rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai smartphone Android agar lebih awet foto: uptodown.com

Battery Doctor tidak hanya membantu menghemat daya tetapi juga memberikan informasi detil tentang kesehatan baterai dan suhu perangkat. Battery Doctor memiliki mode hemat daya cerdas dan fitur pemeriksaan kesehatan baterai yang informatif.

5. Kaspersky Battery Life

Rekomendasi 5 aplikasi penghemat baterai smartphone Android agar lebih awet foto: apkmonk.com

Kaspersky Battery Life adalah aplikasi dari penyedia keamanan terkenal yang tidak hanya mengoptimalkan daya baterai tetapi juga melindungi perangkat dari aplikasi yang menggunakan daya secara berlebihan. Keunggulan pada aplikasi ini yaitu analisis konsumsi daya aplikasi bisa dilakukan secara mendalam serta memiliki fitur keamanan tambahan untuk melindungi dari malware.

Dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai yang tepat, pengguna Android dapat mengoptimalkan daya baterai mereka dan memperpanjang umur perangkat. Selain menggunakan aplikasi, disarankan juga untuk mengikuti praktik-praktik terbaik seperti mengatur tingkat kecerahan layar, menonaktifkan fitur yang tidak digunakan, dan memperbarui perangkat secara teratur untuk menjaga kinerja optimal.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)