Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya

Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya

Pengontrol PlayStation

Cara memperbaiki pengontrol PS4/PS5 yang tidak dapat mengisi daya

Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: unsplash/jeshoots.com

Setelah pengguna mengidentifikasi potensi masalah, maka akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Untuk masalah konektivitas yang buruk, cobalah tukar kabel USB untuk menyambungkannya, lalu sambungkan pengontrol yang berbeda. Jika hal ini menyelesaikan masalah, berarti masalahnya ada pada kabel pengisian daya USB pengontrol atau pengontrol itu sendiri.

Pemain juga harus mencoba mengganti port pada konsol mereka. Jika pengontrol berfungsi, mereka tahu bahwa PlayStation mungkin memiliki port yang rusak atau kotor. Pastikan untuk mematikan dan mencabut sistem saat membersihkan kotoran dari port tersebut.

Periksa port di pengontrol dan port di sistem. Jika kotor, ada baiknya kamu mencoba membersihkan port menggunakan alat seperti tusuk gigi, spudger, atau alat penyemport udara.

Bagi mereka yang telah melakukan semua cara tersebut, langkah terakhir adalah memeriksa apakah konsol PlayStation memiliki firmware yang paling baru.

Memperbarui firmware PlayStation

Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: unsplash/diego marin

Meskipun firmware PlayStation DualSense diperbarui secara otomatis, ada kemungkinan pengguna melewatkan pembaruan. Untuk memperbarui firmware PlayStation, gunakan kabel USB-C untuk menyambungkan pengontrol ke konsol, lalu tekan tombol Perbarui Sekarang saat perintah muncul di layar.

Kamu juga dapat masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Aksesori dan Pengontrol untuk memperbarui Perangkat Lunak Perangkat Pengontrol Nirkabel.

(brl/red)