Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB

Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB

Techno.id - PC Windows memiliki dukungan bawaan untuk kontroler Xbox karena juga merupakan besutan Microsoft. Untuk waktu yang lama, hanya Xbox sebagai pengontrol generik yang diizinkan bisa terkoneksi ke PC Windows.

Namun karena Sony juga telah berinvestasi banyak di dunia PC, nggak heran jika kontroler Sony kini juga bisa terkoneksi di PC Windows. Sejumlah kontroler Sony yang kompatibel dengan PC Windows di antaranya PlayStation DualShock klasik dan PlayStation 5 DualSense.

Artinya jika kamu pengguna PlayStation 5 dan ingin bermain game PC, sekarang kamu bisa menggunakannya. Ada dua cara untuk menghubungkan kontroler PS5 ke PC, yakni menggunakan kabel USB dan sambungan Bluetooth. Berikut techno.id telah merangkum cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC yang dilansir dari berbagai sumber.

Cara menghubungkan pengontrol PS5 ke PC dengan USB

Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB foto: playstation.com

1. Sambungkan ujung kabel USB-C ke port pengisian daya yang terletak di bagian atas pengontrol DualSense.

2. Sambungkan ujung kabel yang lain ke port USB pada PC kamu.

3. Windows akan secara otomatis mendeteksi pengontrol dan mulai mengaturnya.

4. Setelah penyiapan pengontrol selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pengontrol sudah siap.

Setelah Windows selesai mengatur kontroler DualSense, kamu seharusnya dapat langsung menggunakannya untuk bermain game. Sama seperti Xbox atau pengontrol game pada umumnya, sebagian besar game yang kamu mainkan seharusnya dapat mendeteksi keberadaan DualSense yang terhubung dan memungkinkan kamu langsung menggunakannya atau beralih ke pengaturan internal game.

Jika kamu bermain game melalui Steam, menu Steam Controller Layout juga harus mendeteksi kontroler agar kamu dapat menyesuaikan tata letak dan fungsi tombol-tombolnya.

(brl/red)