Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya

Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Gamer yang kerap memainkan game favorit mereka di konsol PlayStation pasti tahu betapa frustrasinya memiliki pengontrol yang tidak bisa mengisi daya. Meskipun pengontrol PlayStation DualShock 4 dan DualSense adalah yang terbaik di pasaran, tetapi perangkat tersebut terkadang mengalami masalah dan tidak lagi berfungsi.

Salah satu masalah yang paling umum adalah kontroler yang tidak dapat mengisi daya. Ada beberapa penyebab mengapa masalah ini terjadi, tergantung pada jenis pengontrol dan setiap masalah memiliki solusi spesifiknya masing-masing.

Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya

Penyebab pengontrol PS4/PS5 tidak dapat mengisi daya, begini cara memperbaikinya foto: unsplash/sora khan

Ada tiga penyebab utama mengapa pengontrol PS4/PS5 pemain tidak dapat mengisi daya. Penyebab utama biasanya adalah koneksi yang salah antara pengontrol dan konsol. Masalah ini biasanya disebabkan kabel USB pengontrol atau port USB pada konsol.

Masalah lain bisa jadi pada kontroler PlayStation 4 atau PlayStation 5 itu sendiri. Baik kontroler DualShock 4 dan DualSense memiliki baterai internal yang tidak boleh diganti oleh pengguna. Jika baterai rusak, controller akan berhenti mengisi daya atau menahan daya yang sangat minim, yang berarti sudah waktunya untuk diganti.

Masalah umum terakhir yang dialami pemain saat pengontrol PlayStation 4/5 mereka tidak dapat mengisi daya adalah firmware untuk konsol yang sebenarnya tidak diperbarui. Memperbarui firmware akan memperbaiki masalah perangkat lunak apa pun.

(brl/red)