10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya

10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya

Techno.id - Ada beberapa alasan mengapa smartphone Android kamu tidak mau mengisi daya. Bisa karena perangkat keras, kabel atau pengisi daya. Bisa juga karena sumber daya kamu yang bermasalah seperti stopkontak yang rusak.

Aplikasi yang ada di smartphone juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ketika terlalu banyak aplikasi yang menyedot daya baterai, maka bisa mencegah daya listrik masuk ke dalam baterai. Bisa juga masalahnya disebabkan pembaruan OS Android yang mencegah ponsel mengisi daya dengan benar.

Berikut beberapa cara yang harus dilakukan jika smartphone kamu tidak mau mengisi daya.

1. Periksa stopkontak atau sumber daya

10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya foto: freepik/nirat.pix

Stopkontak yang kamu gunakan untuk mencolokkan smartphone mungkin tidak berfungsi karena suatu alasan, jadi cobalah stopkontak yang lain. Demikian juga, cobalah powerbank atau port USB yang berbeda di komputer untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

2. Periksa pengisi daya dan kabel

10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya foto: freepik/user3802032

Kabel yang sudah usang atau tua juga bisa menjadi penyebab. Jadi cobalah kabel yang berbeda. Pengisi daya kamu mungkin juga tidak berfungsi dengan baik, jadi cobalah pengisi daya yang berbeda. Periksa cabang pada pengisi daya dan port koneksi untuk kabel.

3. Periksa port pengisian daya pada ponsel

10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya foto: freepik/pvproductions

Periksa port pada smartphone untuk melihat apakah terlihat rusak. Jika ada masalah di sini, maka pengisian daya akan terhenti dari kabel ke ponsel. Coba tiupkan udara ke port untuk membersihkan debu atau partikel.

4. Periksa casing smartphone

10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya foto: freepik/user3802032

Beberapa casing mencegah kabel dimasukkan sepenuhnya ke dalam port pengisian daya. Jadi, jika ponsel kamu tidak mengisi daya, periksa port dan lihat apakah casing mencegahnya dicolokkan sepenuhnya. Jika ya, lepaskan casing tersebut.

5. Tutup semua aplikasi saat mengisi daya

10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya foto: freepik/pvproductions

Mungkin ada aplikasi yang terbuka dan menggunakan banyak daya saat ponsel mengisi daya. Ini termasuk saat kamu menggunakan smartphone saat mengisi daya, karena aplikasi apa pun dapat menggunakan lebih banyak daya daripada yang tersedia dari baterai yang habis.

Tutup semua aplikasi saat ponsel sedang diisi daya dan jangan gunakan aplikasi tersebut saat mengisi daya. Periksa kembali secara teratur untuk mengetahui apakah pengisian daya berjalan lancar.

(brl/red)