4 Penyebab pengisi daya smartphone tidak berfungsi, begini cara mengatasinya

4 Penyebab pengisi daya smartphone tidak berfungsi, begini cara mengatasinya

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami smartphone tidak mau diisi daya. Banyak faktor yang menjadi penyebab pengisian daya ponsel tidak berfungsi.Sebelum mencari tahu penyebabnya, ada baiknya kamu mengetahui jika umumnya, pengisi daya ponsel cerdas memiliki masa pakai 2-3 tahun. Ini termasuk adaptor dan kabel pengisi daya. Kabel lebih cepat rusak karena keausan dibanding adaptor.

Jika kamu memiliki pengisi daya yang rusak, cobalah untuk memeriksa beberapa hal dan terapkan langkah-langkah kecil pada pengisi daya tersebut. Berikut cara memperbaiki pengisi daya ponsel cerdas.

1. Port tersumbat atau kotor

4 Penyebab pengisi daya smartphone tidak berfungsi, begini cara mengatasinya foto: unsplash/jonathan kemper

Seiring berjalannya waktu, partikel kecil dan serat kain terakumulasi di dalam port pengisian daya smartphone dan juga kabel pengisi daya. Karena itu coba untuk membersihkan port pengisian daya pada ponsel dan juga yang terdapat pada kabel pengisi daya.

2. Pin rusak

4 Penyebab pengisi daya smartphone tidak berfungsi, begini cara mengatasinya foto: freepik/user3802032

Kabel pengisi daya memiliki pin kecil di dalamnya. Begitu juga dengan port pada smartphone. Pin pengisian daya akan mengendur seiring waktu. Karena itu, pin akan kehilangan cengkeramannya, dan koneksi dengan ponsel menjadi lemah. Akibatnya arus listrik tidak mengalir dengan baik. Ini adalah alasan besar mengapa pengisi daya ponsel cerdas kamu tidak berfungsi dengan baik.

(brl/red)