Kapasitas drive PlayStation 5 kini bisa sampai 8 TB, ada juga pembaruan fitur 3D Dolby Atmos

Kapasitas drive PlayStation 5 kini bisa sampai 8 TB, ada juga pembaruan fitur 3D Dolby Atmos

Techno.id - Sony baru saja meluncurkan pembaruan perangkat lunak PlayStation 5 (PS5) versi beta sehingga bisa menggunakan SSD berkapasitas 8TB. Selain itu PS5 kini juga mendapat dukungan Tempest 3D AudioTech pada perangkat Dolby Atmos, bersama dengan fitur aksesibilitas baru.

Untuk saat ini, akses beta ini terbatas pada pengguna di negara-negara tertentu. Nantinya fitur-fitur ini akan ditambahkan ke versi final perangkat lunak.

Selama ini konsol PS5 Sony sepenuhnya mendukung SSD PCIe 4.0 yang tersedia di pasaran. Sony membatasi kapasitas maksimum hingga 4TB. Namun dengan perangkat lunak versi beta yang baru, Sony meningkatkan kapasitas maksimum drive PS5 menjadi 8TB, yang memungkinkan pengguna menyimpan lebih banyak game.

Kapasitas drive PlayStation 5 kini bisa sampai 8 TB, ada juga pembaruan fitur 3D Dolby Atmos foto: playstation.com

Pembaruan ini tentu saja meningkatkan daya saing PS5 dibanding Xbox Series X|S besutan Microsoft. Sebab Xbox Series X|S hanya mendukung drive penyimpanan eksklusif dengan kapasitas hingga 2TB.

Tambahan penting lain yang dibawa rilis beta baru ini adalah dukungan Sony Tempest 3D AudioTech pada perangkat HDMI berkemampuan Dolby Atmos yang kompatibel seperti soundbar, TV, atau sistem home theater. Nah implementasi Tempest 3D AudioTech secara khusus dirancang untuk memenuhi perangkat audio Dolby Atmos, termasuk saluran overhead, untuk meningkatkan suara tiga dimensi dari game PS5. Sebelumnya, Tempest 3D AudioTech Sony hanya tersedia pada headphone tertentu.

Kapasitas drive PlayStation 5 kini bisa sampai 8 TB, ada juga pembaruan fitur 3D Dolby Atmos foto: playstation.com

Dengan rilis beta yang baru, para gamer sekarang dapat menetapkan kontroler sekunder ke satu akun, yang berfungsi sebagai kontroler bantuan. Hal ini memungkinkan dua pengontrol untuk mengelola konsol PS5. Fitur baru ditambahkan ini menghadirkan metode inovatif untuk terlibat dalam permainan secara kolaboratif atau membantu teman.

Selain itu, pembaruan beta juga menambahkan pengaturan baru untuk mengaktifkan efek umpan balik haptic saat menavigasi menu PS5. Opsi ini dapat diakses dengan menggunakan kontroler DualSense, kontroler DualSense Edge, atau kontroler PS VR2 Sense.

(brl/red)