Ketahui penyebab smartphone Android kamu terlalu panas, begini cara mengatasinya

Ketahui penyebab smartphone Android kamu terlalu panas, begini cara mengatasinya

Techno.id - Banyak faktor yang menyebabkan smartphone Android kamu terlalu panas. Kondisi tersebut bisa terjadi dengan sendirinya atau ada aplikasi yang bermasalah.

Bisa juga karena kamu terlalu lama melakukan streaming video atau memang cuaca yang terlalu panas. Mungkin agak sulit untuk mengetahui secara pasti penyebab ponsel menjadi panas. Nah masalah tersebut terjadi, ponsel akan melambat. Bahkan dalam beberapa kasus, ponsel dapat mati secaratiba-tiba. Setelah dingin baru bisa hidup kembali.

Ketahui penyebabnya

Ketahui penyebab smartphone Android kamu terlalu panas, begini cara mengatasinya foto: freepik/user16679917

Dalam penggunaan normal, seharusnya ponsel tidak akan terlalu panas. Jika ponsel kamu agak hangat setelah bermain game selama 30 menit atau lebih, itu normal. Tetapi jika ponsel kamu menimbulkan panas berlebih atau perangkat terasa sangat panas saat disentuh, maka kamu harus memeriksanya.

Kamu bisa menutup beberapa aplikasi atau memulai ulang perangkat untuk memecahkan masalah. Namun ada beberapa penyebab umum yang membuat ponsel kamu terlalu panas. Bisa jadi karena setelah kecerahan layar terlalu tinggi. Wi-Fi yang terhubung terlalu lama juga bisa menimbulkan panas.

Ditambah lagi kamu terlalu banyak bermain game. Untuk ponsel yang lebih tua sangat rentan untuk panas. Sementara untuk ponsel pintar saat ini sebenarnya berbagai alasan tersebut seharusnya tidak membuat panas berlebih. Tetapi jika tetap terjadi, kemungkinan besar ada penyebab lain.

1. Aplikasi bermasalah

Ketahui penyebab smartphone Android kamu terlalu panas, begini cara mengatasinya foto: unsplash/william-hook

Aplikasi yang bermasalah dapat menyebabkan ponsel terlalu panas. Mungkin kamu telah menginstal aplikasi baru yang tidak berjalan dengan baik di ponsel. Bisa juga aplikasi yang kamu gunakan secara teratur telah diperbarui dan versi baru menyebabkan Android menjadi terlalu panas. Pembaruan aplikasi otomatis memang berguna, tetapi terkadang menyebabkan masalah panas berlebih. Kamu memiliki dua solusi, copot pemasangan aplikasi yang bermasalah dan periksa pembaruan. Segera setelah aplikasi dihapus, nyalakan ulang ponsel, tunggu beberapa menit sebelum memeriksa suhunya lagi.

2. Penggunaan kamera yang intensif

Ketahui penyebab smartphone Android kamu terlalu panas, begini cara mengatasinya foto: unsplash/jonny caspari

Menggunakan kamera video ponsel dalam waktu yang lama dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Hal ini tidak terjadi pada semua kasus dan biasanya tergantung pada beberapa faktor lain.

1. Resolusi dan kecepatan bingkai.

2. Kecerahan layar.

3. Penggunaan kamera dalam waktu lama.

4. Lupa bahwa kamera kamu menyala.

5. Merekam video selama beberapa menit menggunakan kamera depan juga bisa menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas.

Untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan kamera ponsel hanya digunakan saat diperlukan. Layar tidak diatur terlalu terang. Usahakan tidak merekam pada resolusi yang berlebihan. Memotret pada 60fps dalam 4K akan menghasilkan lebih banyak panas daripada 30fps pada 1080p.

3. Terpapar langsung sinar matahari

Ketahui penyebab smartphone Android kamu terlalu panas, begini cara mengatasinya foto: freepik/fabrikasimf

Faktor lingkungan juga dapat menyebabkan ponsel terlalu panas. Meninggalkan ponsel di bawah sinar matahari langsung adalah masalah yang umum terjadi. Ponsel juga akan menjadi terlalu panas jika diletakkan di dasbor mobil pada hari yang cerah.

Dalam skenario seperti itu, gunakan sistem pendingin udara kendaraan untuk membantu mendinginkan ponsel. Dalam skenario lain, jauhkan ponsel dari sinar matahari langsung. Jika kamu harus menggunakannya, cobalah di tempat teduh.

(brl/red)