Hati-hati! Perangkap FOMO di media sosial sudah menyebar, ini cara mudah mengatasinya

Hati-hati! Perangkap FOMO di media sosial sudah menyebar, ini cara mudah mengatasinya

Techno.id - Apakah kamu tahu apa itu FOMO, atau bahkan tengah mengalami FOMO? Ya, FOMO adalah singkatan dari "Fear of Missing Out" yang dalam bahasa Indonesia berarti "ketakutan ketinggalan". FOMO adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan cemas atau kekhawatiran seseorang akan melewatkan pengalaman atau kesempatan yang menarik atau penting yang sedang terjadi di tempat lain.

FOMO seringkali muncul di jagat media sosial, dimana pengguna sering melihat postingan berisikan foto dari orang lain yang terlihat sedang melakukan kegiatan menarik maupun berada di tempat-tempat yang instagramable. Akibatnya beberapa unggahan tersebut dapat memicu perasaan cemburu, iri, dan keinginan untuk ikut serta atau mengikuti apa yang orang lain lakukan.

FOMO dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental seseorang. Sebagai contoh rasa tidak puas, stres, kecemasan, atau merasa terpinggirkan. Selain itu, FOMO juga dapat mempengaruhi keputusan seseorang, lho sob. Sebagai contoh ada seseorang yang merasa terpaksa untuk menghadiri acara atau melakukan hal tertentu agar tidak merasa ketinggalan.

Untuk mengatasi FOMO, penting untuk mengembangkan kesadaran diri, memahami nilai-nilai dan prioritas pribadi, serta mengelola penggunaan media sosial dengan bijak. Hal ini termasuk mengakui bahwa apa yang terlihat di media sosial tidak selalu mencerminkan realitas yang sebenarnya dan fokus pada pengalaman dan kebahagiaan sendiri, daripada membandingkan diri dengan orang lain.

Lantas bagaimana cara mengatasi FOMO? Berikut techno.id sajikan cara mudah untuk mengatasi FOMO agar kamu tetap asik dalam berkehidupan sehari-hari.


(brl/guf)