Cara menambahkan beberapa akun ke WhatsApp di satu perangkat, anti ribet

Cara menambahkan beberapa akun ke WhatsApp di satu perangkat, anti ribet

Techno.id - WhatsApp merilis fitur yang memungkinkan kamu menggunakan beberapa nomor di WhatsApp pada satu ponsel. Dengan menambahkan akun, kamu dapat menyinkronkan kontak di antara kedua nomor telepon dan mengatur notifikasi untuk masing-masing nomor secara terpisah. Mengirim atau menerima pesan dan melakukan atau menerima panggilan telepon tidak akan terjadi secara bersamaan.

Setelah kamu menambahkan akun kedua, kamu harus menukar keduanya untuk mengakses obrolan, pembaruan, komunitas, dan panggilan yang berkaitan dengan masing-masing akun. Ini mirip dengan menjalankan contoh WhatsApp yang terpisah.

Setelah mengaturnya, kamu bisa mengetuk Tukar akun di bawah menu tiga titik di kanan atas aplikasi. Bagian terbaiknya adalah fitur beberapa akun WhatsApp cepat, mudah digunakan, dan menghilangkan kerumitan karena kamu tidak perlu perangkat tambahan untuk menghubungi orang lain.

Dengan menggunakan dua akun WhatsApp di satu perangkat, kamu bisa beralih di antara dua nomor telepon dengan mudah. Berikut ini adalah cara kerjanya, dan cara mengaturnya.

Cara menambahkan akun tambahan ke WhatsApp

Cara menambahkan beberapa akun ke WhatsApp di satu perangkat, anti ribet foto: freepik/ wichayada

Menggunakan dua akun WhatsApp pada satu ponsel adalah kenyamanan yang sangat dibutuhkan. Kamu bisa menambahkan nomor baru ke akun WhatsApp atau menambahkan nomor yang sudah digunakan untuk WhatsApp dari perangkat lain. Prosesnya serupa dalam kedua kasus tersebut.

Ada banyak alasan untuk memiliki akun kedua di WhatsApp. Hal ini dapat membantu memisahkan bisnis dari penggunaan pribadi, berfungsi sebagai cadangan jika nomor utama kamu mengalami masalah, atau bahkan sebagai cara untuk menjaga percakapan tertentu tetap pribadi. Untuk privasi yang lebih baik, kamu juga bisa mengunci obrolan di WhatsApp agar tidak bisa diintip orang lain.

Untuk memulai, ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan. Di sini, ketuk panah ke bawah di kanan atas, di seberang foto profil dan nomor telepon kamu, untuk memunculkan pop-up di bagian bawah layar, lalu ketuk opsi Tambah akun.

Layar pembuka untuk menambahkan akun baru akan muncul, yang hampir sama dengan saat kamu pertama kali mendaftar WhatsApp. Setelah menyetujui persyaratan layanan, kamu harus memasukkan negara diikuti dengan nomor telepon. Setelah memverifikasi nomor telepon, kamu akan ditanya apakah ingin Memulihkan dari cadangan, Mentransfer dari ponsel lama, atau akan langsung dibawa ke layar info profil untuk mengatur akun baru kamu.

Menambahkan nomor tersebut ke ponsel kamu akan menghapus nomor tersebut dari perangkat lain. Pertama, WhatsApp akan meminta kode di perangkat kamu sebelumnya, lalu menghapus akun dari perangkat tersebut. Jika kamu ingin tetap mengaktifkan nomor kedua di perangkat sebelumnya, kamu dapat menautkan perangkat baru di WhatsApp.

(brl/red)