2 Fitur panggilan baru WhatsApp yang fokus pada privasi pengguna

2 Fitur panggilan baru WhatsApp yang fokus pada privasi pengguna

Techno.id - WhatsApp telah lama memiliki enkripsi end-to-end yang mencegah siapa pun selain pengirim dan penerima membaca pesan yang dikirim melalui percakapan. Lalu WhatsApp juga merilis beberapa fitur yang dirancang untuk meningkatkan privasi ketika pengguna melakukan panggilan melalui aplikasi perpesanan.

Tahun ini misalnya, WhatsApp memperkenalkan fitur keamanan dan privasi bagi mereka yang menggunakan fungsionalitas panggilan aplikasi. Berikut dua fitur pangilan WhatsApp yang fokus pada privasi pengguna.

1. Silence Unknown Callers (Bungkam Penelepon Tak Dikenal)

2 Fitur panggilan baru WhatsApp yang fokus pada privasi pengguna foto: unsplash/rachit tank

Fitur yang diumumkan pada Juni 2023 ini untuk menghentikan telepon pengguna berdering ketika menerima panggilan di WhatsApp dari nomor yang tidak dikenal. Sepintas, hal ini mungkin terdengar sepele.

Tetapi seperti dijelaskan WhatsApp, fitur ini untuk menangkal beberapa serangan berbahaya yang masuk tanpa penerima harus menerima panggilan.

Fitur Silence Unknown Callers mengatasi masalah tersebut dengan memisahkan panggilan masuk di tingkat server dan hanya mengirimkan notifikasi panggilan yang dibungkam kepada penerima.

2. Fitur lindungi alamat IP dalam panggilan

2 Fitur panggilan baru WhatsApp yang fokus pada privasi pengguna foto: whatsapp

Panggilan melalui pesan dan klien VoIP sering terjadi melalui koneksi peer-to-peer di mana perangkat pemanggil dan penerima terhubung langsung satu sama lain untuk meningkatkan kualitas panggilan.

Tetapi hal tersebut mengharuskan kedua perangkat mengetahui alamat IP masing-masing. Alamat IP dapat mencakup informasi seperti lokasi geografis pengguna, yang tidak semua orang merasa nyaman untuk berbagi.

Server WhatsApp juga berperan di sini. Ketika fitur lindungi alamat IP dalam panggilan diaktifkan, semua panggilan dialihkan melalui server WhatsApp untuk terhubung secara langsung di antara pihak-pihak yang terlibat. Sehingga tidak ada kemungkinan bagi penelepon atau penerima untuk melihat informasi satu sama lain.

Baik fitur Bungkam Penelepon Tak Dikenal dan Lindungi alamat IP dalam panggilan dapat diakses di menu Pengaturan Privasi WhatsApp. Fitur Lindungi IP masih terbilang baru dan mungkin belum tersedia untuk semua orang saat ini, tetapi hal itu akan segera berubah karena peluncuran yang lebih luas untuk iOS dan Android sedang berlangsung.

(brl/red)