WhatsApp gelar Business Summit Indonesia, perkenalkan fitur flows dan AI untuk bisnis

WhatsApp gelar Business Summit Indonesia, perkenalkan fitur flows dan AI untuk bisnis

Techno.id - WhatsApp menggelar WhatsApp Business Summit pertama di Indonesia, di The Ritz-Carlton Hotel Jakarta Pacific Place, Rabu (1/11/2-23). Dalam acara yang dihadiri sekitar 1.500 peserta yang terdiri dari pengusaha kecil, perusahaan, dan developer itu, Country Director, Meta di Indonesia, Pieter Lydian menjelaskan, sejak tahun 2022, percakapan sehari-hari antara individu dan bisnis di WhatsApp di Indonesia meningkat hampir dua kali lipat. Faktor inilah yang membuat WhatsApp akan terus mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia.

Menurutnya, masyarakat Indonesia menyukai dan menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan kepada teman, keluarga, termasuk untuk ke bisnis karena sederhana, aman, dan pribadi.

Dalam acara yang juga dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tersebut, WhatsApp memperkenalkan fitur Flows untuk memberikan kemampuan kepada bisnis dengan menyediakan beragam pengalaman, seperti memilih kursi pesawat dengan cepat atau membuat janji pertemuan. Di mana semuanya dapat dilakukan pengguna tanpa harus meninggalkan chat.

Dengan Flows, bisnis dapat menyediakan berbagai pilihan menu yang lengkap serta formulir yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan yang beragam. Fitur WhatsApp Flows kini tersedia secara global bagi bisnis yang menggunakan Platform WhatsApp Business.

Bisnis yang diverifikasi Meta di WhatsApp

WhatsApp gelar Business Summit Indonesia, perkenalkan fitur flows dan AI untuk bisnis foto: whatsapp

Bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business juga dapat menerima Verifikasi Meta. Hal ini akan meyakinkan pelanggan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan akun bisnis yang resmi. Untuk mendapatkan verifikasi Meta, sebuah bisnis dapat menunjukkan keasliannya kepada Meta.Setelah itu, bisnis tersebut akan mendapatkan lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.

Bagi bisnis yang tertarik untuk mendaftar, Verifikasi Meta akan hadir dengan fitur premium tambahan yang mencakup kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus yang nantinya mudah ditemukan melalui pencarian web, dan dukungan multi perangkat agar beberapa karyawan dapat menanggapi pelanggan.

WhatsApp juga akan melakukan uji coba Verifikasi Meta terlebih dahulu dengan bisnis skala kecil yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business, sebelum memperkenalkannya kepada bisnis di Platform WhatsApp Business di masa mendatang.

AI untuk Bisnis

WhatsApp gelar Business Summit Indonesia, perkenalkan fitur flows dan AI untuk bisnis foto: techno.id/yani andriyansyah

Dalam waktu dekat, WhatsApp juga akan mendukung para pelaku bisnis dalam meningkatkan mutu dan kecepatan layanan yang mereka berikan kepada pelanggan melalui penggunaan solusi kecerdasan buatan (AI). Saat ini, WhatsApp sedang menguji AI yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis, agar setiap bisnis dapat memiliki AI yang mampu berinteraksi dengan pelanggan guna melakukan penjualan dan memberikan layanan dukungan.

(brl/red)