Cara menyembunyikan lokasi kamu selama panggilan WhatsApp

Cara menyembunyikan lokasi kamu selama panggilan WhatsApp

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi jika WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang sangat popular saat ini. Bukan sekadar untuk berkirim pesan, pengguna juga bisa melakukan panggilan.

Untuk panggilan, WhatsApp mengandalkan koneksi langsung peer-to-peer. Meskipun cepat, jenis koneksi ini dapat mengekspos alamat IP pengguna. Tetapi WhatsApp telah memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP mereka selama panggilan suara dan video.

Cara melindungi lokasi kamu selama panggilan WhatsApp

WhatsApp telah memperkenalkan fitur Lindungi Alamat IP dalam Panggilan. Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia pada versi terbaru WhatsApp. Jadi, buka App Store atau Google Play Store, ketik WhatsApp di kolom pencarian, dan lihat apakah ada pembaruan yang tersedia.

Cara menyembunyikan lokasi kamu selama panggilan WhatsApp foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Dengan aplikasi yang sudah diperbarui, berikut ini cara menyembunyikan lokasi kamu saat melakukan panggilan di WhatsApp.

1. Luncurkan WhatsApp dan buka Pengaturan.

2. Sentuh Privasi dan gulir ke bawah, pilih fitur Tingkat Lanjut lalu ketuk.

3. Aktifkan sakelar Lindungi alamat IP saat melakukan panggilan.

Perlu diperhatikan bahwa kualitas panggilan mungkin menurun ketika kamu mengaktifkan fitur ini. Karena koneksi peer-to-peer cenderung lebih cepat. Pengaturan ini ditujukan untuk pengguna yang sadar akan privasi yang mungkin tidak ingin mengungkapkan informasi yang terkait dengan alamat IP mereka, seperti wilayah geografis dan penyedia layanan internet mereka. Meta mencatat bahwa bahkan ketika meneruskan panggilan kamu melalui server WhatsApp, panggilan kamu tetap terenkripsi end-to-end.

Namun perlu diingat bahwa menyembunyikan lokasi selama melakukan panggilan di WhatsApp dapat menyebabkan koneksi menjadi lebih lambat.

(brl/red)