6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir

6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir

Techno.id - Setiap pesan yang dikirim di aplikasi WhatsApp biasanya memiliki setidaknya satu tanda centang di sebelahnya untuk menunjukkan status pengiriman. Dengan memperhatikan warna dan jumlah tanda centang, kamu dapat mengetahui apakah pesan kamu sudah diterima dan dibaca.

Selain tanda centang, ada indikator lain yang dapat memberi tahu kamu tentang status pengiriman, seperti simbol jam dan tanda seru dalam lingkaran atau segitiga. Namun jika kamu mendapati pesan kamu masih centang satu, itu artinya pesan kamu telah berhasil dikirim dari perangkat kamu ke server WhatsApp, tetapi belum terkirim ke perangkat penerima. Berikut penjelasan mengenai centang satu di WhatsApp.

1. Penerima sedang offline

6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir foto: freepik/jcomp

Jika pesan WhatsApp kamu menampilkan centang satu dalam waktu yang lama, kemungkinan besar penerima sedang offline. Namun, mereka mungkin memiliki akses internet tetapi jauh dari WhatsApp dengan akses data latar belakang yang dimatikan. Pesan tidak akan sampai kepada penerima hingga mereka membuka WhatsApp lagi dan mendapat koneksi jaringan.

2. Masalah konektivitas

6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir foto: freepik/garakta_studio

Dalam beberapa kasus, koneksi jaringan yang buruk dapat menghalangi penerima untuk menerima pesan secara instan meskipun mereka sedang online. Selain itu, koneksi yang buruk yang kamu alami juga dapat menyebabkan centang satu di WhatsApp bahkan setelah pesan dikirim dan dibaca.

Ada kalanya masalah server di pihak WhatsApp dapat memperlambat pengiriman pesan, tetapi ini biasanya bersifat jangka pendek dan dapat diperbaiki dengan cepat.

3. Penerima memblokir kamu

6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir foto: freepik/benzoix

Jika kamu melihat centang satu di WhatsApp selama berhari-hari, ada kemungkinan kamu telah diblokir oleh penerima. Jika kamu tidak dapat melihat foto profil, status online, dan informasi yang terakhir dilihat, itu menandakan kamu telah diblokir. Setiap pesan yang dikirim ke penerima yang telah memblokir kamu hanya akan menampilkan centang satu.

4. Penerima menggunakan versi modifikasi WhatsApp

6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir foto: freepik/rawpixel.com

Versi modded pihak ketiga dari WhatsApp mungkin menyertakan fitur yang mencegah tanda centang ganda ditampilkan pada pesan yang dikirim ke pengguna mereka. Pastikan untuk mendorong penerima menginstal versi resmi WhatsApp untuk memastikan kelanjutan operasi dan mencegah pemblokiran sementara.

5. Kamu telah mengedit pesan

6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir foto: freepik/rawpixel.com

Pesan yang telah diedit akan dikirim ulang dan akan menampilkan centang satu, meskipun pesan asli telah berhasil dikirim.

6. Ada masalah sinkronisasi WhatsApp Web

6 Arti centang satu pada pesan di WhatsApp, penerima sedang online atau kamu telah diblokir foto: freepik/rawpixel.com

Kamu mungkin akan melihat tanda centang di samping pesan untuk sementara waktu jika kamu menggunakan WhatsApp Web. Karena cara kerja WhatsApp Web, aplikasi selular dan klien online terkadang perlu disinkronkan dengan benar sebelum kamu melihat tanda centang dua yang menunjukkan bahwa pesan kamu telah terkirim.

(brl/red)