Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11

Techno.id - Windows terkadang bisa nge-lag karena alasan yang paling membingungkan. Kode kesalahan Windows Blue Screen Of Death (BSOD) adalah salah satunya. Kesalahan inidapat muncul dengan berbagai cara dari waktu ke waktu. Misalnya, kode kesalahan 0xc0000001 pada PC atau laptop Windows hanyalah salah satu dari sekian banyak iterasi kesalahan BSOD.

Kesalahan ini seringkali membuat jengkel karena memengaruhi sistem kerja perangkat yang kita gunakan. Namun kamu bisa menggunakan beberapa trik Windows untuk memperbaiki kode kesalahan 0xc0000001 pada Windows 10 atau 11. Berikut caranya.

1. Jalankan alat perbaikan startup

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: tangkapan layar/microsoft

Mencari tahu kemungkinan penyebab kode kesalahan 0xc0000001 pada perangkat Windows bisa menjadi tantangan. Sebab banyak kemungkinan penyebab kesalahan tersebut. Dalam kasus seperti itu, alat Perbaikan Startup dapat membantu kamu. Ini adalah alat bawaan Windows yang dapat membantu memperbaiki dan memperbaiki berbagai masalah startup.

Untuk memperbaikiperangkat kamu dengan Startup Repair, pertama-tama kamu harus boot ke menu Advanced Startup dan kemudian memilih alat Startup Repair. Begini cara melakukannya.

1. Ketika kamu dapat mem-boot ke perangkat, satu-satunya cara untuk masuk ke Advanced Startup (WinRE) adalah melalui hard reboot. Untuk melakukannya, nyalakan dan matikanperangkat kamu berulang kali hingga sampai ke layar logo.

2. Lalu klik Troubleshoot > Opsi lanjutan.

3. Klik pada Perbaikan Startup.

Alat Startup Repair akan menyaring perangkat kamu untuk mencari kemungkinan masalah pada Windows 10 atau 11 dan kemudian mulai memperbaikinya satu per satu. Setelah pemindaian dan perbaikan selesai, lakukan reboot cepat padaperangkat dan lihat apakah ini memperbaiki kode kesalahan 0xc0000001 pada komputer Windows kamu.

2. Gunakan command prompt

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: tangkapan layar/ techno.id/yani andriyansyah

Jika alat Startup Repair tidak berhasil memperbaiki masalah, maka pilihan berikutnya adalah menggunakan command prompt. Cukup pilih command prompt dari menu Advanced options, masukkan perintah. Begini caranya.

1. Pada bilah pencarian klik Command Prompt (cmd)

2. Pilih Run as Administrator

3. Setelah kamu berada di dalam Command prompt, ketik perintah berikut satu per satu (Bootrec /fixmbrBootrec /fixbootBootrec /scanosBootrec /rebuildbcd) dan tekan Enter.

Perintah-perintah di atas pada dasarnya ditujukan untuk memperbaiki atau membangun ulang Boot Configuration Data (BCD) Windows. Karena kode kesalahan 0xc0000001 adalah kesalahan booting, maka masuk akal untuk mencoba metode ini. Setelah kamu selesai dengan semua perintah, reboot PC dan lihat apakah masih menghadapi kode kesalahan tersebut.

3. Cabut semua perangkat eksternal

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: freepik

Jika kamu telah mencoba metode di atas (dan gagal), sebelum beralih ke solusi yang lebih rumit, coba perbaikan sederhana terlebih dahulu, cabut semua perangkat eksternal, lalu colokkan kembali.

Perangkat eksternal terkadang dapat menimbulkan kesalahan pada Windows. Ada berbagai alas an, mungkin driver tidak terinstal dengan baik saat pertama kali, ada masalah pada port USB, dan sebagainya. Jadi, cabut perangkat, lihat apakah masih menghadapi kode kesalahan tersebut.

4. Boot ke mode aman

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: freepik/creativeart

Metode popular untuk memperbaiki semua jenis kesalahan BSOD adalah dengan mem-boot ke mode aman. Kamu harus melakukan beberapa langkah setelah berada di mode aman.

Setelah mem-boot ke Safe mode, nonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga yang baru kamu instal, satu per satu, dan lihat apakah ini memperbaiki kode kesalahan 0xc0000001 pada Windows 10 atau 11 kamu.

Jika dengan menonaktifkan program tertentu telah memperbaiki masalah kode kesalahan 0xc0000001, kemungkinan besar aplikasi tersebut adalah penyebabnya. Dalam kasus ini, hapus instalan perangkat lunak saat berada dalam mode aman dan boot ulang PC secara normal.

(brl/red)