Microsoft Paint mendapat fitur baru, penghapusan latar belakang otomatis

Microsoft Paint mendapat fitur baru, penghapusan latar belakang otomatis

Techno.id - Microsoft Paint mungkin merupakan salah satu aplikasi paling legendaris yang dibundel dengan Windows. Paint telah menjadi bagian dari Windows sejak tahun 1985, ketika Windows 1.0 dirilis.

Sejak saat itu, Paint tetap menjadi bagian inti dari setiap versi Windows yang dirilis. Microsoft pernah mencoba mematikannya pada 2017 silam namun akhirnya tidak berhasil. Tetapi sejak saat itu, perusahaan telah mendesain ulang aplikasi tersebut agar sesuai dengan UI Windows 11. Sekarang, aplikasi ini mendapatkan fitur baru yang keren, penghapusan latar belakang otomatis.

Microsoft telah memamerkan fitur Paint baru yang mungkin berguna bagi sebagian orang. Fitur penghapusan latar belakang otomatis ini mirip dengan apa yang tersedia di aplikasi Foto di iPhone dan iPad. Jika kamu memiliki gambar dengan subjek, dan ingin menghapus latar belakang gambar, alat penghapus latar belakang seharusnya dapat melakukannya dengan mudah.

Microsoft Paint mendapat fitur baru, penghapusan latar belakang otomatis foto: microsoft

Alat ini dapat mendeteksi subjek dari seluruh kanvas atau dapat mendeteksi subjek dari sebagian kecil pilihan. Setelah memproses gambar, kamu akan mendapatkan potongan subjek yang bersih dengan latar belakang putih.

Kamu tidak perlu memotong subjek secara manual, atau melakukan apa pun. Hanya perlu mengetuk tombol. Tidak jelas apakah ini menggunakan AI atau fungsi serupa dalam proses pemotongan otomatis, tetapi demo yang disediakan Microsoft terlihat mengesankan.

Ini adalah pertama kalinya Microsoft menambahkan fitur yang benar-benar baru ke Paint sejak 2009, ketika aplikasi ini sepenuhnya diubah dengan rilis Windows 7. Meskipun Windows 11 membawa desain ulang aplikasi, namun Paint memiliki serangkaian fitur dasar yang sama dari Paint versi 2009.

Microsoft Paint mendapat fitur baru, penghapusan latar belakang otomatis foto: microsoft

Hal ini juga mengejutkan karena Paint adalah definisi aplikasi pengeditan gambar yang sangat sederhana, tanpa dukungan untuk hal-hal seperti lapisan atau pengeditan tingkat lanjut apa pun. Dengan fitur baru ini, tampaknya Microsoft benar-benar ingin membuat Paint menjadi aplikasi pengeditan yang kompeten yang dapat bersaing dengan GIMP dan Paint.NET.

Paint dengan penghapusan latar belakang saat ini hanya tersedia untuk Windows Insiders, tetapi kemungkinan akan diluncurkan untuk pengguna dalam beberapa bulan ke depan.

(brl/red)