3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11

3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11

Techno.id - Versi Windows terbaru memungkinkan pengguna mengotomatiskan beberapa tugas. Salah satunya membuat beberapa folder dan sub-folder sekaligus.

Cara ini cukup membantu dalam situasi di mana pengguna perlu memilah-milah data dan tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Ada lebih dari satu metode untuk membuat banyak file dan folder di Windows.

1. Gunakan Command Prompt (cmd)

3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11 foto: windowsclub

Pada metode pertama ini, kamu bisa menggunakan utilitas baris perintah yang disebut Command Prompt di Windows. Kamu dapat memasukkan perintah berbasis teks untuk mengotomatiskan banyak tugas. Sebelum melanjutkan, pastikan kamu masuk ke Windows sebagai administrator.

1. Ketik Command Prompt (cmd) di pencarian Windows dan klik Run as administrator.

2. Kamu juga dapat membuka Run dengan menekan Win + R dan ketik cmd di bidang teks. Tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt sebagai administrator.

3. Klik Yes pada prompt Kontrol Akun Pengguna.

4. Ketik perintah cd /d [location] di jendela Command Prompt dan tekan Enter untuk menjalankannya. Pastikan untuk mengganti [location] dengan lokasi di mana kamu ingin membuat beberapa folder. Sebagai contoh, jika ingin membuat folder di folder C:usershpdocuments, kamuketik perintah cd /d C:usershpdocuments.

5. Kemudian, ketik md mengikuti nama folder dalam satu perintah dan jalankan. Sebagai contoh, jika kita ingin membuat folder untuk 4 bulan pertama dalam satu tahun. Maka kamu masukkan perintah sebagai: md januari februari maret april.

6. Setelah selesai, tutup jendela Command Prompt dan kunjungi lokasi folder di File Explorer untuk melihat apakah folder telah dibuat.

Jika karena alasan tertentu menggunakan Command Prompt tidak berhasil, kamu dapat menggunakan Windows Powershell (Admin) untuk melakukan langkah yang sama. Powershell bekerja hampir sama dengan Command Prompt, tetapi jauh lebih kuat daripada cmd. Untuk menggunakan Powershell, ikuti langkah-langkah berikut.

3 Cara membuat banyak folder dalam sekejap di Windows 10 atau 11 foto: windowsclub

1. Klik kanan pada ikon Windows di bilah tugas dan pilih Powershell (Admin).

2. Pilih Ya pada prompt UAC.

3. Sekarang, jalankan perintah cd [Location]. Ubah [Location] dengan lokasi yang ditargetkan untuk membuat folder.

4. Jika ingin membuat sub-folder di folder dokumen, jadi kamu jalankan perintah berikut, cd C:usershpdocuments.

5. Setelah selesai, jalankan perintah md "[nama folder]", "[nama folder]", "[nama folder]", "[nama folder]". Ganti [nama folder] dengan nama yang ingin kamu berikan pada folder. Sebagai contoh, jika kamu ingin membuat folder untuk 4 bulan pertama dalam satu tahun. Kamu jalankan perintah sebagai md januari, februari, maret, april

6. Terakhir, tutup jendela Powershell dan periksa apakah folder telah dibuat.

(brl/red)