3 Cara mengubah ekstensi file di Windows, bisa pakai opsi bawaan atau konverter online

3 Cara mengubah ekstensi file di Windows, bisa pakai opsi bawaan atau konverter online

Techno.id - Terkadang, kamu mungkin merasa perlu mengubah jenis atau ekstensi file di komputer. Entah itu untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang berbeda atau sekadar mengubah tampilan file bagi pengguna.

Ada beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengubah jenis atau ekstensi file di Windows. Berikut tiga cara mudah mengubah jenis file di komputer Windows 10 atau 11.

1. Ubah nama ekstensi file

3 Cara mengubah ekstensi file di Windows, bisa pakai opsi bawaan atau konverter online foto: tangkapan layar/techno,id/yani andriyansyah

Cara termudah untuk mengubah jenis file di Windows adalah dengan mengganti namanya. Namun, ada beberapa batasan untuk metode ini. Misalnya, jika kamu mengubah ekstensi file .txt menjadi .jpg, file tersebut tidak akan berubah menjadi gambar. Isinya akan tetap berupa teks. Namun, kamu dapat menggunakan metode ini untuk mengonversi file JPEG ke JPG dengan mudah.

Untuk mengubah jenis file menggunakan opsi Ubah Nama, pastikan kamu telah mengonfigurasi Windows untuk menampilkan ekstensi file. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tekan Win + E untuk membuka File Explorer dan cari file kamu.

2. Klik kanan pada file dan pilih opsi Ubah Nama.

3. Ganti ekstensi file lama dengan yang baru, lalu tekan Enter untuk menyimpannya.

4. Klik Yes ketika muncul perintah. Selesai.

Jenis file kamu akan berubah. Jika ingin mengubah untuk beberapa file sekaligus, kamu dapat menggunakan alat seperti PowerToys untuk mengganti nama file secara batch di komputer Windows.

2. Gunakan opsi Save As

3 Cara mengubah ekstensi file di Windows, bisa pakai opsi bawaan atau konverter online foto: tangkapan layar/techno,id/yani andriyansyah

Mengubah jenis file di Windows menggunakan opsi Ubah Nama mungkin tidak selalu berhasil. Cara lainnya kamu dapat menggunakan opsi Save As.

Sebagian besar program modern, seperti Microsoft Word, Photoshop, Canva, dan sebagainya, mendukung berbagai macam format untuk menyimpan file, sehingga memudahkan untuk mengonversi file. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan konversi yang rumit seperti DOCX ke PDF atau PNG ke JPG dengan mudah.

Untuk mengubah jenis file di Windows menggunakan opsi Save As, gunakan langkah-langkah berikut.

1. Buka file kamu dalam program yang mendukung format sumber dan target. Misalnya, jika ingin mengonversi file DOCX ke PDF, kamu akan membukanya di Microsoft Word.

2. Buka opsi File > Simpan Sebagai.

3. Klik menu tarik-turun di samping jenis Simpan sebagai untuk memilih format yang kamu inginkan dari daftar.

4. Pilih lokasi yang kamu inginkan untuk menyimpan file dan klik tombol Simpan.

Demikian pula, kamu dapat menggunakan Adobe Acrobat untuk mengonversi PDF ke file XLXS atau pemutar media VLC untuk mengonversi file video MP4 ke file audio MP3.

(brl/red)