Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11

Cara mengatasi error BSOD laptop

5. Lakukan pemulihan sistem Windows

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: freepik/biancoblue

Pemulihan sistem adalah alat lain yang berguna di komputer Windows. Alat ini bekerja dengan mengembalikan perangkat ke titik waktu ketika semuanya bekerja dengan baik pada Windows.

1. Tekan tombol Windows dan ketik system restore.

2. Klik Create a restore point (Buat titik pemulihan) untuk membuka dialog System Properties (Properti Sistem).

3. Buka Perlindungan Sistem.

4. Selanjutnya, klik Pemulihan Sistem.

5. Atau, tekan Win + R untuk membuka Run, ketik rstrui.exe, dan klik OK untuk membuka Pemulihan Sistem.

6. Klik Berikutnya.

7. Sekarang kamu perlu memilih titik pemulihan untuk melakukan pemulihan sistem. Tergantung pada cara kamu mengonfigurasi Pemulihan Sistem, kamu mungkin melihat beberapa titik pemulihan atau hanya satu.

8. Secara default, kamu hanya akan melihat titik pemulihan terbaru. Klik Tampilkan lebih banyak titik pemulihan untuk melihat semua titik pemulihan yang tersedia.

9. Pilih titik pemulihan dan klik Scan for affected programs (Pindai program yang terpengaruh) untuk melihat program dan driver yang akan dihapus dan diinstal ulang jika kamu melanjutkan dengan titik pemulihan yang dipilih. Klik Tutup.

10. Pastikan titik pemulihan yang benar telah dipilih dan klik Next.

11. Pada dialog konfirmasi, baca deskripsinya. Pastikan untuk menyimpan semua file yang terbuka dan menutup program lain yang terbuka.

12. Klik Finish untuk memulai proses pemulihan. Komputer Anda akan dimulai ulang untuk menerapkan perubahan. Jadi, tunggu hingga komputer dimulai ulang. Jika pemulihan berhasil, kamu akan melihat pesan sukses.

6. Lakukan pemindaian malware

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: freepik/rawpixel

Malware juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada fungsi perangkat. Malware dapat muncul entah dari mana dan menimbulkan segala macam malapetaka pada Windows. Masalah booting BSOD adalah salah satu dari sekian banyak masalah tersebut. Pemindaian malware cepat oleh Microsoft Defender adalah cara yang pasti untuk menyingkirkan kemungkinan ini untuk selamanya.

7. Lakukan pemindaian CHDSK

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: freepik

Utilitas lain yang berguna untuk dibawa dalam toolkit perbaikan Windows adalah CHKDSK yang bekerja dengan memindai dan kemudian memperbaiki berbagai masalah pada hard drive Windows.

Masalah-masalah tersebut, jika dibiarkan terlalu lama, dapat menjadi penyebab kode kesalahan Windows 10 atau 11 0xc0000001 juga. Meskipun tidak ada jaminan bahwa menjalankan pemindaian CHKDSK akan memperbaiki masalah, ini sangat layak untuk dicoba.

8. Atur ulang setelan pabrik Windows

Cara memperbaiki kode kesalahan Blue Screen of Death pada Windows 10 atau 11 foto: freepik/rawpixel

Jika semuanya gagal, kamu masih memiliki pengaturan ulang pabrik Windows sebagai upaya terakhir. Namun sebelum melakukan cara ini, sebaiknya kamu memiliki cadangan data. Sebab, melakukan pengaturan ulang pabrik akan menghapus semua program yang terinstal, dan dalam beberapa kasus, termasuk file-file yang ada.

Mengatur ulang pabrik Windows mungkin bagi sebagian orang menjadi proses yang merepotkan, tetapi Microsoft memperkenalkan cara yang jauh lebih mudah untuk melakukannya. Untuk mengakses opsi instal ulang Windows, buka Pengaturan > Pembaruan & Keamanan > Pemulihan. Kamu akan melihat tajuk Reset this PC, klik tombol Mulai di bawahnya untuk memulai. Jika kamu menggunakan Windows 11, buka Pengaturan > Sistem > Pemulihan. Klik Reset PC di samping Reset this PC untuk memulai.

(brl/red)