Bisa nggak sih memperbarui Windows saat offline? Begini caranya

Bisa nggak sih memperbarui Windows saat offline? Begini caranya

Techno.id - Saat kamu sedang berada di daerah yang kesulitan jaringan internet tetapi ingin memperbarui Windows laptop, mungkin banyak orang akan berpikir hal tersebut sangat mustahil.

Tenang, jangan keburu panik. Meski tidak ada koneksi internet, kamu tetap bisa koq meng-update Windows. Beruntung saat ini ada sebuah program yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh pembaruan Windows dan kamu bisa meng-update Windows secara offline.

Kamu bisa menggunakan program Portable Update. Nah sebelum kamu melakukannya, terlebih dahulu kamu unduh Portable Update saat kamu mendapatkan akses internet. Setelah kamu simpan di dalam laptop, maka kamu dapat memperbarui perangkat kapan saja, meski tidak ada koneksi internet. Begini cara menggunakannya.

1. Unduh dan instal Portabel Update

Bisa nggak sih memperbarui Windows saat offline? Begini caranya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk memulai, kamu harus menghubungkan perangkat ke internet dan mengunduh Portable Update, yang berada dalam file ZIP. Buka lokasi (folder) kamu mengunduh file ZIP tersebut lalu ekstrak. Kemudian tempatkan folder yang telah diekstrak di drive USB, seperti flash drive atau hard drive eksternal.

Yang perlu dicatat, laptop yang akan kamu perbarui harus memiliki versi Windows yang sama dengan versi Windows yang akan kamu gunakan untuk menggunakan Portable Update. Artinya, jika komputer offline menggunakan Windows 11, komputer lain juga harus menggunakan Windows 11.

Selanjutnya, klik dua kali PortUp.exe untuk meluncurkan aplikasi portabel yang ringan tersebut. Setelah meluncurkan Portable Update, klik Start agar aplikasi ini mengunduh file-file yang diperlukan untuk menjalankannya. Proses ini tidak akan memakan waktu lama, dan setelah selesai, aplikasi akan terbuka sepenuhnya.

2. Memindai file pembaruan

Bisa nggak sih memperbarui Windows saat offline? Begini caranya foto:makeuseof

Selanjutnya, kamu harus menggunakan Portable Update untuk mencari file pembaruan yang kamu butuhkan. Jadi, klik pada tab Pencarian di bagian atas, lalu klik Mulai di sudut kanan atas.

Bisa nggak sih memperbarui Windows saat offline? Begini caranya foto:makeuseof

Setelah Portable Update menyelesaikan pencariannya, maka akan mencantumkan daftar pembaruan Windows yang tersedia yang dapat kamu unduh. Setelah mengetahui apa saja yang tersedia, sekarang saatnya mengunduh file untuk instalasi offline.

(brl/red)