Cara membuat daftar isi di Google Docs dengan mudah, tugas laporan jadi lebih rapi

Cara membuat daftar isi di Google Docs dengan mudah, tugas laporan jadi lebih rapi

Cara membuat daftar isi di Google Docs dengan mudah

Pada dasarnya, cara membuat daftar isi di Google Docs bisa dilakukan dengan cukup mudah. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi gratis satu ini untuk membuat daftar isi sebuah laporan. Tanpa basa-basi, simak ulasan berikut untuk mulai membuat daftar isi di Google Docs dengan mudah.

1. Buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada di Google Docs.
2. Beri judul pada setiap bagian dokumen kamu dengan menggunakan Heading Styles. kamu dapat memilih gaya judul yang berbeda-beda, seperti Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan seterusnya, dengan menyeleksi teks dan mengklik opsi gaya judul pada bilah menu atas.
3. Setelah semua judul sudah diberi gaya Heading, arahkan kursor ke tempat di mana kamu ingin menampilkan daftar isi.
4. Klik menu "Insert" (Sisipkan) pada bilah menu atas dan pilih "Table of contents" (Daftar isi).
5. Pilih jenis tata letak daftar isi yang diinginkan. Google Docs memiliki beberapa pilihan tata letak daftar isi, seperti "Classic" (Klasik), "Distinctive" (Beda), dan "Modern" (Modern).
6. Daftar isi akan muncul di dokumen kamu dan akan secara otomatis mengambil semua judul yang sudah diberi gaya Heading. Jika kamu menambahkan atau menghapus judul di dokumen, daftar isi akan secara otomatis terupdate.
7. Jika kamu ingin menyesuaikan tampilan daftar isi, klik pada daftar isi dan pilih "Modify" (Ubah) dari menu yang muncul. kamu dapat mengubah font, ukuran, dan gaya daftar isi sesuai keinginan.
8. Setelah kamu selesai membuat dan menyesuaikan daftar isi, simpan dokumen dengan mengklik "File" (Berkas) pada bilah menu atas dan pilih "Save" (Simpan) atau "Save as" (Simpan sebagai) jika kamu ingin menyimpan dokumen dengan nama atau format yang berbeda.

(brl/guf)