Pengguna iPhone 14 Pro Max keluhkan layar burn-in, ini cara mudah mengatasinya

Pengguna iPhone 14 Pro Max keluhkan layar burn-in, ini cara mudah mengatasinya

Techno.id - Apple memberikan fitur Always-On Display untuk seri iPhone 14 Pro Max. Namun fitur tersebut baru-baru ini mengalami masalah, yang berakibat ramai pengguna melaporkan layarnya karena mengalami burn-in. Padahal AOD menjadi fitur unggulan dari smartphone flagship milik Apple.

Sebagai informasi, Burn-in di layar smartphone terjadi ketika tampilan yang statis, seperti ikon atau logo, terus-menerus ditampilkan layar selama jangka waktu lama. Akibatnya muncul "bayangan" dari tampilan ikon di layar bahkan setelah tampilan berubah. Ini terjadi karena piksel layar yang terus-menerus menampilkan sebuah gambar yang sama, dan mengalami penuaan atau penurunan kualitas. Alhasil sulit untuk menampilkan warna yang sama secara konsisten untuk seluruh layar. Burn-in umumnya terjadi pada layar OLED atau AMOLED, karena teknologi ini menggunakan piksel organik yang lebih rentan terhadap penuaan.

Kasus di iPhone 14 Pro Max terbilang lebih mengkhawatirkan. Beberapa laporan menunjukkan bahwa layar ponsel mengalami burn-in di area Dynamic Island. Tentu masalah ini semakin memperkeruh, mengingat terdapat lekukan kecil di bagian atas layar yang menampung kamera depan dan sensor lainnya.

Pengguna iPhone 14 Pro Max sadar akan masalah ini saat menjalankan beberapa aplikasi, karena Dynamic Island meningkatkan ukuran visual Dynamic Island. Lantas bagaimana jika masalah ini terjadi? Apa yang harus dilakukan? Nah, berikut techno.id sajikan cara mengatasi layar burn-in, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu (22/2).


(brl/guf)