Begini cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone tanpa menghapus foto atau video

Begini cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone tanpa menghapus foto atau video

Cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone

Bongkar aplikasi terbesar

Begini cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone tanpa menghapus foto atau video foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu tidak menggunakan setiap aplikasi yang tersimpan di iPhone, sebaiknya mempertimbangkan untuk membongkar koleksi aplikasi kamu di iPhone jika kamu sangat membutuhkan ruyang penyimpanan.

Misalnya kamu ingin mengunduh dan menginstal pembaruan iOS terbaru, maka sedikitnya dibutuhkan sedikitnya 5GB untuk menginstal perangkat lunak. Jika kamu tidak memiliki cukup ruang penyimpanan untuk memperbarui, maka dapat menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan.

Caranya dengan membuka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone dan periksa aplikasi mana yang paling banyak menggunakan penyimpanan. Aplikasi bawaan tertentu seperti Foto dan Pesan tidak dapat dihapus.

Jika kamu menemukan aplikasi yang cukup besar yang ingin dibongkar, ketuk dan tekan Offload App. Tunggu sebentar dan aplikasi kemudian akan dihapus secara offline, sementara dokumen dan data kamu akan tetap tersimpan di perangkat.

Jika kamu memerlukan penyimpanan sementara, untuk mengunduh perangkat lunak, lihat saja daftarnya dan bongkar setiap aplikasi yang bisa. Jumlah kapasitas ruang yang diturunkan untuk setiap aplikasi akan bervariasi. Tetapi kamu akan melihat angka di sebelah Ukuran Aplikasi.

Buang nomor di sebelah Dokumen & Data, karena itu akan tetap ada di perangkat kamu. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan benar-benar menghapus aplikasi tersebut.

Bongkar aplikasi sebanyak yang kamu butuhkan hingga kamu memiliki penyimpanan yang cukup. Kamu tidak dapat menggunakan aplikasi yang dibongkar, tetapi jika ingin mendapatkan kembali aplikasi, buka Perpustakaan Aplikasi dan ketuk tombol iCloud untuk mengunduhnya kembali.

Jika aplikasi yang dibongkar ada di layar beranda, cukup ketuk untuk mengunduhnya. Kamu tidak perlu masuk kembali, sebab kamu memiliki akses ke aplikasi seolah-olah tidak pernah dihapus.

(brl/red)