Ini penyebab munculnya bintik hitam di layar iPhone, begini cara mengatasi sebelum menggantinya

Ini penyebab munculnya bintik hitam di layar iPhone, begini cara mengatasi sebelum menggantinya

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami pada layar iPhone kamu terdapat bintik hitam yang mengganggu penglihatan. Jika masalah ini terjadi, langkah pertama yang kamu lakukan adalah mengamati ukuran dan lokasinya di layar.

Jika relatif kecil, ada kemungkinan akan hilang dengan sendirinya. Kemudian, periksa juga apakah bintik hitam tersebut tumbuh secara bertahap. Apakah iPhone kamu merasakan sentuhan di area tersebut?

Masalah seperti ini biasanya disebabkan kerusakan perangkat keras pada layar sentuh. Lebih khusus lagi, dapat terjadi kerusakan pada layar LCD. Namun demikian, sebelum mengambil kesimpulan kerusakan layer, tidak ada salahnya kamu mencari tahu lebih banyak tentang masalah ini dan cari solusi yang memungkinkan untuk itu.

Mengapa ada bintik hitam di iPhone?

Ini penyebab munculnyabintik hitam di layar iPhone, begini cara mengatasi sebelum menggantinya foto: freepik/rawpixel.com (foto dimodifikasi)

Saat kamu melihat bintik atau area hitam di layar iPhone, biasanya masalah terletak pada tampilannya. Penyebabnya lebih banyak terkait dengan masalah perangkat keras. Ini penyebabnya.

1. Piksel mati atau macet

Karena layar terdiri dari piksel, bintik hitam kemungkinan besar terjadi karena beberapa piksel di area tertentu gagal berfungsi. Piksel mati ini dapat disebabkan kerusakan pada ponsel cerdas, kerusakan fisik, atau masalah baterai. Dalam kebanyakan kasus, tidak mungkin untuk memperbaiki piksel mati di layar secara mandiri.

Di sisi lain, pikselnya juga bisa macet alih-alih mati. Ini adalah kasus yang relatif tidak terlalu parah karena berarti piksel terjebak dalam satu nada warna. Dalam kasus lain, piksel yang macet juga dapat berarti piksel tersebut tidak berfungsi atau bersinergi dengan baik. Kamu mungkin melihat bagian hitam atau bagian glitchy berwarna.

2. Kerusakan fisik pada layar LCD

Jika iPhone kamu baru-baru ini mengalami kerusakan parah akibat jatuh, kotoran atau serpihan, pengembunan, atau kerusakan karena air, kemungkinan layar LCD kamu rusak. Mungkin ada penghambat yang menghalangi lampu latar atau lampu latar yang rusak juga dapat menyebabkan area hitam muncul.

(brl/red)