Begini cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone tanpa menghapus foto atau video

Begini cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone tanpa menghapus foto atau video

Techno.id - Jika iPhone kamu memiliki terlalu banyak foto, video, dan aplikasi yang disimpan sehingga tidak dapat menginstal pembaruan perangkat lunak iOS terbaru karena penyimpanan yang terbatas, ada solusi yang tidak melibatkan penghapusan apa pun. Sebagai gantinya, kamu dapat dan harus memanfaatkan fitur iOS tertentu untuk mengosongkan penyimpanan di iPhone.

Ada dua pengaturan iOS bawaan yang dapat membantu kamu membersihkan sejumlah besar penyimpanan di iPhone. Satu permanen dan lainnya sementara sehingga kamu dapat menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru, mengambil lebih banyak foto dan video, serta mengunduh lebih banyak aplikasi. Inilah yang perlu kamu ketahui.

Optimalkan foto dan video iPhone

Begini cara mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone tanpa menghapus foto atau video foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu ingin menyimpan kenangan berharga tetapi tetap ingin mengosongkan penyimpanan, cara termudah adalah dengan mengoptimalkan foto dan video yang sudah tersimpan di perangkat.

Secara default, setiap kali kamu mengambil foto atau video, foto tersebut disimpan dalam resolusi penuh di perangkat. Jika kamu mengambil foto dan video dalam resolusi setinggi mungkin, foto dan video tersebut dapat memakan banyak ruang.

Satu menit pengambilan video dalam 4K pada 60fps membutuhkan sekitar 400MB. Tentu saja jumlah ini cukup signifikan. Untuk mengoptimalkan foto dan video, buka Pengaturan > Foto dan aktifkan Optimalkan Penyimpanan iPhone. Agar fitur ini berfungsi, kamu harus mengaktifkan pengaturan Foto iCloud di atasnya.

Bergantung pada berapa banyak foto dan video yang kamu miliki di iPhone, ini dapat memakan banyak waktu, tetapi setelah selesai, kamu akan melihat lebih banyak ruang secara signifikan di penyimpanan perangkat.

Semua foto dan video beresolusi penuh kamu kemudian ditransfer ke iCloud. Sementara versi yang lebih kecil dan beresolusi lebih rendah disimpan di perangkat agar tidak memakan banyak ruang.

Jika ingin mengakses foto dan video beresolusi lebih tinggi, kamu dapat masuk ke aplikasi Foto dan mengunduh file apa pun yang sedang dioptimalkan. Opsi ini membutuhkan koneksi internet yang layak. Foto dan video yang baru saja kamu ambil mungkin ada dalam resolusi penuh, jadi kamu tidak perlu mengunduh setiap foto atau video.

Jika kamu tidak memiliki cukup penyimpanan iCloud, lebih mudah untuk memutakhirkan cloud dengan pembelian kapasitas yang lebih besar. Harga bervariasi tergantung pada negara atau wilayah kamu.

Untuk memutakhirkan iCloud di iPhone, buka Pengaturan > (nama kamu) > iCloud > Kelola Penyimpanan Akun > Beli Penyimpanan Lainnya. Pilih paket, lalu ikuti petunjuknya. Jika kamu meningkatkan ke langganan iCloud berbayar apa punkamu akan mendapatkan akses ke iCloud+, yang juga menawarkan fitur Relai Pribadi iCloud dan Sembunyikan Email Saya.

(brl/red)