Begini cara menghapus dan membatasi aplikasi di iPhone dan Android agar tidak menguras baterai

Begini cara menghapus dan membatasi aplikasi di iPhone dan Android agar tidak menguras baterai

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika aplikasi di smartphone, baik iPhone maupun Android seringkali bermasalah. Tidak jarang deratan aplikasi yang kamu instal di perangkat bisa menjadi penyebab boros baterai.

Karena itu jika ada aplikasi yang tidak digunakan atau jarang kamu gunakan dan telah menghabiskan baterai, maka inilah saatnya untuk menelusuri daftar aplikasi dan mencopot pemasangan apa pun yang tidak kamu perlukan.

Untuk iPhone

Begini cara menghapus dan membatasi aplikasi di iPhone dan Android agar tidak menguras baterai foto: freepik/flatart

1.Buka Pengaturan > App Store dan aktifkan Offload Aplikasi yang Tidak Digunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan tetapi menyimpan datanya. Jadi saat kamu menginstal ulang aplikasi tersebut, semua data yang disimpan akan tetap utuh.

2. Untuk mematikan aplikasi secara manual, buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone, pilih aplikasi, dan ketuk Matikan Aplikasi.

3. Kembali ke Pengaturan dan gulir ke bawah untuk menemukan aplikasi yang kamu instal. Ketuk aplikasi apa pun, dan kamu dapat menonaktifkan atau membatasi izin seperti Lokasi, menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang untuk mencegahnya mengunduh data di latar belakang saat kamu tidak menggunakannya, dan membatasi Pemberitahuan.

Untuk Android

Begini cara menghapus dan membatasi aplikasi di iPhone dan Android agar tidak menguras baterai foto: freepik

1. Buka Pengaturan > Aplikasi, dan gulir ke bawah. Ketuk aplikasi yang tidak digunakan untuk menemukan aplikasi yang tidak kamu gunakan selama tiga bulan atau lebih dan hapus instalan apa pun yang tidak diperlukan.

2. Sekarang kembali ke Pengaturan > Aplikasi, ketuk Lihat semua, dan temukan aplikasi apa pun yang muncul di bagan penggunaan baterai kamu sebagai penguras daya yang signifikan.

3. Pertimbangkan untuk mematikan Notifikasi untuk aplikasi apa pun yang tidak membutuhkannya (misalnya, aplikasi perpesanan tidak akan berfungsi dengan baik tanpanya, tetapi sebagian besar game tidak perlu mengirimi kamu notifikasi).

4. Batasi Izin yang tampaknya tidak relevan (misalnya, matikan Lokasi untuk aplikasi yang tidak memiliki pelacakan bisnis apa pun untuk kamu).

5. Pastikan Jeda aktivitas aplikasi jika tidak digunakan atau diaktifkan.

6. Kamu juga dapat menghentikan aplikasi yang menguras baterai dengan menarik data di latar belakang saat kamu bepergian dengan masuk ke Pengaturan > Jaringan dan internet > Penghemat data, dan mengaktifkannya.

(brl/red)