5 Aplikasi iPhone ini bikin foto keluarga kamu jadi sangat berkesan saat merayakan Natal

5 Aplikasi iPhone ini bikin foto keluarga kamu jadi sangat berkesan saat merayakan Natal

Techno.id - Natal selalu menjadi momen penting bagi keluarga. Selain melakukan ibadah bagi pemeluk Kristiani, Natal juga kerap dijadikan momen untuk kumpumpul bersama keluarga sanak saudara.

Nah di era digital ini, tentu saja mereka yang merauakan Natal tidak akan melewatkan momen bahagia dengan mengabadikannya melalui foto. Kini kamu nggak perlu menjadi fotografer profesional untuk membuat foto-foto suasana Natal.

Cukup menggunakan smartphone, khususnya iPhone yang memiliki kamera keren. Kamu tidak memerlukan peralatan khusus untuk berkreasi bersama keluarga saat Natal. Kamu bisa membuat eksposur ganda hingga visual 3D, dengan beberap trik kamera iPhone. Berikut lima aplikasi yang kamu bisa membuat trik mudah untuk merekam momen dan suasana Natal kamu jadi lebih epik.

1. Bidik long exposure dengan Spectre

5 Aplikasi iPhone ini bikin foto keluarga kamu jadi sangat berkesan saat merayakan Natal foto: apps.apple.com

Dari lampu belakang kendaraan hingga langit yang dipenuhi kembang api, long exposure memungkinkan kamu melukis dengan cahaya dengan menjaga rana kamera tetap terbuka untuk waktu yang lama. Untuk memotretnya di iPhone, diperlukan aplikasi yang memungkinkan kamu mengontrol kecepatan rana secara manual. Ada beberapa aplikasi yang bisa kami gunakan di antaranya, Spectre.

Dengan bantuan AI, aplikasi ini menghilangkan banyak batasan yang biasanya terkait dengan fotografi long exsposure. Biasanya untuk memotret foto long exposure dibutuhkan tripod. Namun berkat stabilisasi otomatis, Spectre memungkinkan kamu memotret long exsposure menggunakan iPhone cukup dengan digenggam. Dengan versi gratisnya, kamu dapat menangkap eksposur 3 detik. Untuk waktu yang lebih lama, kamu harus menggunakan versi berbayar Spectre Pro, untuk membuka kunci opsi foto berdurasi 5, 9, 15, dan 30 detik.

Untuk hasil foto long exposure yang meriah kamu bisa menambahkan objek api, pasar Natal yang ramai untuk menangkap keriuhan liburan, atau menggunakan alat penghilang kerumunan pintar Spectre untuk membuat pemandangan kosong.

Pilihan lainnya adalah lalu lintas yang padat di sepanjang lampu Natal yang berkelap-kelip. Atau libatkan seluruh keluarga dan buat snap musiman untuk dibagikan, lengkapi semua orang dengan kembang api, atur eksposur ke 15 detik.

2. Abadikan adegan 3D dengan Luma AI

5 Aplikasi iPhone ini bikin foto keluarga kamu jadi sangat berkesan saat merayakan Natal foto: apps.apple.com

Kamu tidak lagi memerlukan peralatan khusus untuk menangkap visual 3D yang akurat. Cukup iPhone dan Luma AI. Sepenuhnya gratis, aplikasi ini memungkinkan kamu merekam objek atau pemandangan dalam 3D untuk membuat model virtual yang nyata. Hasilnya bisa kamu bagikan sebagai pengalaman interaktif untuk dijelajahi orang lain seolah-olah mereka sedang berdiri di sana.

Hasilnya jauh lebih imersif daripada foto 360 derajat. Karena Luma AI menangkap kedalaman, pencahayaan, dan detail 3D, perspektif berubah secara realistis saat kamu menggeser pemandangan.

Luma AI juga sangat ideal jika ingin mengambil model 3D pohon Natal dan membagikan tautan ke versi digitalnya dengan orang-orang terkasih. Luma AI juga ahli dalam menangkap ruangan dan interior-berguna jika kamu ingin berbagi suasana meriah dengan keluarga atau teman. Jika potret keluarga adalah tradisi liburan, kamu juga bisa mencoba menggunakan Luma AI untuk hasil yang luar biasa.

3. Ambil potret Natal dengan NeuralCam

5 Aplikasi iPhone ini bikin foto keluarga kamu jadi sangat berkesan saat merayakan Natal foto: apps.apple.com

Saat Natal, seluruh anggota keluarga akan berdandan dan tampil menggunakan pakaian terbaik mereka. Inilah saat yang tepat untuk kamu mengambil potret keluarga. Jika kamu memotret hanya dengan iPhone, perangkat ini memiliki batasan. Kamu harus berada dalam jarak tertentu dari subjek untuk membuat latar belakang buram yang berseni.

Namun jika kamu menggunakan NeuralCam, mode AI Bokeh-nya memungkinkan kamu menangkap subjek dengan latar belakang lembut pada jarak berapa pun. Sudah terkenal karena fitur NightMode dan NeuralHDR yang kuat, trik baru aplikasi NeuralCam menerapkan model generasi terbaru untuk memetakan gambar kamu dan mengaburkan latar belakang yang sesuai.

Kamu dapat menggunakan AI Bokeh aplikasi ini untuk seluruh lensa apa pun, termasuk telefoto, jika iPhone kamu memilikinya. Fitur ini memberi kamu kemampuan membuat potret candid yang tampak profesional dari jauh. Misalnya kamu memotret kerabat yang sedang menarik biskuit, anak-anak kecil yang gembira membuka hadiah, atau nenek yang tertidur di sofa.

Seperti mode potret Apple, kamu dapat memilih bukaan yang berbeda untuk mengontrol intensitas ilusi depth of field. Kamu juga dapat memasangkannya dengan fitur NightMode untuk memotret potret setelah gelap, menciptakan efek bokeh yang meriah dengan lampu Natal warna-warni yang digantung di latar belakang.

(brl/red)