iPhone kamu tidak bisa mengisi daya? Ini 5 perbaikan cepat yang bisa kamu coba

iPhone kamu tidak bisa mengisi daya? Ini 5 perbaikan cepat yang bisa kamu coba

Techno.id - Saat iPhone kamu tidak bisa mengisi daya, banyak pengguna yang mengasumsikan bahwa port pengisian daya rusak. Namun, beberapa faktor lain bisa berperan. Kabel yang kamu gunakan mungkin rusak, atau pin konektor pengisian daya terhalang debu dan kotoran. Terkadang, masalah perangkat lunak juga bisa menjadi penyebabnya, karena perangkat lunak menentukan kapan iPhone kamu mengisi daya.

Jadi, sebelum kamu pergi ke service center, mengapa tidak mencoba beberapa perbaikan sederhana terlebih dahulu? Kamu dapat mencoba mengganti kabel, membersihkan port pengisian daya, dan melakukan perbaikan perangkat lunak dasar untuk memecahkan masalah ini di rumah. Berikut 5 cara mudah untuk mengatasi masalah iPhone tidak bisa diisi daya.

1. Coba kabel dan adaptor yang berbeda

iPhone kamu tidak bisa mengisi daya? Ini 5 perbaikan cepat yang bisa kamu coba foto: freepik/rawpixel.com

Jika iPhone tidak mengisi daya, kamu harus terlebih dahulu mengesampingkan kemungkinan kabel atau adaptor tidak berfungsi. Untuk memeriksanya, pinjam pengisi daya iPhone dari teman atau keluarga.

Jika iPhone kamu mulai mengisi daya setelah mengganti pengisi daya, kabel dan adaptor kamu menjadi masalahnya. Kamu dapat mengganti adaptor dan kabel pengisi daya untuk memeriksa apa yang tidak berfungsi.

Setelah mengetahui yang salah, belilah pengganti yang sesuai. Namun, pastikan untuk mendapatkan pengisi daya asli atau bersertifikat Apple. Pengisi daya iPhone pihak ketiga yang tidak bersertifikat Apple mungkin tidak berfungsi dengan baik sama sekali. Untuk mengidentifikasi pengisi daya asli atau bersertifikat Apple, cari tulisan "Dibuat untuk iPhone/iPad/ iPod".

2. Bersihkan port pengisian daya

iPhone kamu tidak bisa mengisi daya? Ini 5 perbaikan cepat yang bisa kamu coba foto: freepik/vershinin89

Alasan utama lain mengapa iPhone berhenti mengisi daya adalah karena debu, kotoran, dan penumpukan serat di dalam port. Penghalang tersebut dapat menghalangi port dan koneksi pengisi daya, sehingga iPhone kamu tidak dapat diisi dayanya.

Kondisi tersebut biasanya juga menyebabkan pengisian daya iPhone kamu sangat lambat. Jika kamu juga menghadapi masalah ini sebelum iPhone berhenti mengisi daya, kemungkinan besar itu adalah penumpukan debu.

Untuk memperbaikinya, kamu harus menyiapkan beberapa peralatan di antaranya senter, barang-barang rumah tangga seperti tusuk gigi plastik atau kayu. Pastikan tusuk gigi ini tidak konduktif, tidak mudah pecah, dan pas di dalam port.

Peniup udara yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kamera. Peralatan ini sifatnya opsional, tetapi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Setelah peralatan siap, bersihkan port pengisian daya iPhone kamu dengan hati-hati. Begini caranya.

1. Matikan iPhone.

2. Terangi bagian dalam port pengisian daya menggunakan senter.

3. Kikis perlahan debu dan penumpukan serat dari port pengisi daya menggunakan tusuk gigi.

4. Pastikan untuk ekstra hati-hati agar tidak merusak pin sambungan.

5. (Opsional) kamu kemudian dapat menggunakan udara bertekanan atau peniup udara untuk membersihkan semua penumpukan debu yang lepas setelah pengikisan.

3. Mulai ulang paksa iPhone

iPhone kamu tidak bisa mengisi daya? Ini 5 perbaikan cepat yang bisa kamu coba foto: freepik/eyesartist

Perangkat lunak iPhone pada akhirnya memutuskan kapan harus mengisi daya ponsel. Jadi, meskipun perangkat keras kamu berfungsi dengan baik, gangguan kecil pada perangkat lunak dapat menyebabkan iPhone tidak bisa mengisi daya sama sekali.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, paksa mulai ulang iPhone untuk mematikan dan memulai ulang sepenuhnya tanpa menyimpan data apa pun. Begini caranya.

Untuk iPhone 8 dan yang lebih baru

1. Tekan tombol volume naik dan volume turun masing-masing satu kali.

2. Tekan dan tahan tombol volume turun hingga logo Apple muncul.

3. Matikan paksa iPhone

Untuk iPhone 7 dan versi yang lebih lama

1. Tekan dan tahan tombol home dan tombol daya.

2. Jika Anda menggunakan seri iPhone 7, tekan dan tahan tombol volume turun dan tombol daya.

3. Terus tahan kedua tombol tersebut dan lepaskan saat kamu melihat logo Apple muncul.

(brl/red)