11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis

11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis

Techno.id - Rata-rata, Apple Watch memiliki masa pakai baterai 18 jam setelah terisi penuh atau dengan sekali pengisian daya. Jika kamu harus menggunakan jam tangan selama lebih dari 20 jam setiap hari, tentu saja masa pakai baterai tersebut tidak cukup.

Selain itu banyak pengguna yang mengalami baterai Apple Watch turun lebih cepat dari biasanya. Sulit untuk mengetahui penyebab pasti baterai jam tangan pinta ini cepat habis. Tapi, penyebab potensialnya bisa jadi iWatch itu sendiri karena tidak bisa bertahan lama. Selain itu, jika tampilan cukup sering dihidupkan, itu juga bisa menjadi penyebab masa pakai baterai yang pendek.

Ada beberapa kemungkinan alasan baterai Apple Watch cepat habis di antaranya waktu layar bangun yang lama, penyegaran aplikasi latar belakang diaktifkan. Lalu kecerahan terlalu tinggi juga menjadi pemicu baterai cepat habis.

Alasan utama masa pakai baterai yang singkat di sebagian besar perangkat adalah layarnya. Semakin sering kamu menyalakan layar di Apple Watch atau iPhone, konsumsi baterai akan semakin meningkat. Berikut cara meningkatkan masa pakai baterai Apple Watch.

1. Mengurangi atau menonaktifkan waktu layar bangun

11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis foto: freepik

Ada beberapa pengaturan yang dapat kamu sesuaikan untuk mengurangi waktu layar bangun di Apple watch. Biasanya, iWatch akan menyalakan layarnya saat kamu mengangkat pergelangan tangan atau mengetuk layar. Layar akan tetap menyala selama waktu yang ditentukan berdasarkan pengaturan kamu.

Kamu mendapatkan dua opsi untuk waktu layar bangun. Kamu dapat memilih 70 detik atau 15 detik. Disarankan memilih opsi terakhir untuk mengurangi konsumsi baterai. Saat mengubah pengaturan iWatch, pastikan jam tangan dekat dengan iPhone kamu. Begini caranya.

1. Buka aplikasi jam tangan di iPhone.

2. Buka tab Tontonan Saya dan pilih Umum.

3. Ketuk Layar Bangun.

4. Pilih opsi Bangun selama 15 detik.

Selain itu, kamu juga dapat menggeser sakelar untuk mematikan opsi Wake Screen on Wrist Raise. Trik kecil ini dapat membantu menghemat masa pakai baterai. Kamu sekarang hanya dapat menyalakan iWatch dengan menyalakan Digital Crown atau mengetuk layar.

2. Kurangi kecerahan

11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis foto: freepik

Cara lain yang dapat menghemat baterai adalah dengan mengurangi kecerahan. Di aplikasi jam tangan kamu, pilih opsi Tampilan & Kecerahan. Geser sakelar untuk mengurangi kecerahan.

Kamu juga dapat mengaktifkan pengaturan Kurangi Gerakan. Melakukannya akan mengurangi animasi dan pengubahan ukuran antarmuka iWatch secara otomatis, sehingga memperpanjang masa pakai baterai. Begini cara melakukannya.

1. Aktifkan aplikasi jam tangan di iPhone.

2. Buka Aksesibilitas.

3. Sekarang, kamu dapat melihat opsi Kurangi Gerakan. Pilih dan geser sakelar untuk menyalakannya.

3. Matikan notifikasi

11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis foto: freepik

Jika ingin lebih banyak mengurangi waktu layar di iWatch, kamu juga dapat mematikan notifikasi. Dengan cara ini, kamu dapat langsung memeriksa semua notifikasi saat waktu senggang.Cara menonaktifkan notifikasi, padaaplikasi Jam Tangan di ponsel kamu, ketuk Notifikasi. Kemudian, gulir ke bawah dan matikan notifikasi yang kamu anggap tidak perlu.

4. Matikan penyegaran aplikasi latar belakang

11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis foto: freepik/syda productions

Penyegaran aplikasi latar belakang berarti aplikasi kamu terus diperbarui atau berjalan di latar belakang, menghabiskan banyak baterai. Jadi, kamu cukup mematikan opsi ini untuk menghemat baterai di iWatch kamu. Begini caranya.

1. Buka aplikasi jam tangan kamu dan buka Umum.

2. Gulir ke bawah dan pilih opsi penyegaran aplikasi latar belakang.

3. Ketuk di atasnya lalu geser sakelar untuk mematikan fitur tersebut.

Harap perhatikan bahwa kamu mungkin perlu mengaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang untuk beberapa aplikasi penting, seperti Alarm, iMessage, dan semacamnya. Jadi, alih-alih mematikan opsi, gulir ke seluruh aplikasi dan matikan hanya aplikasi tertentu yang tidak ingin kamu jalankan di latar belakang.

5. Akhiri mode latihan secara manual

11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis foto: apple

Saat kamu menggunakan Apple Watch selama berolahraga, Apple Watch terus mengukur detak jantung. Ini akan meningkatkan konsumsi baterai secara signifikan. Jadi, sebaiknya geser ke kanan di layar dan ketuk Akhiri untuk mengakhiri Mode Latihan secara manual.

6. Aktifkan mode hemat daya

11 Cara mengatasi masalah baterai Apple Watch yang cepat terkuras habis foto: freepik/gritsiv

Cara sederhana lainnya untuk menghemat baterai di Apple Watch adalah dengan mengaktifkan mode Hemat Daya. Melakukannya akan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, mematikan layar saat tidak diperlukan, dan akan mengurangi konsumsi baterai secara keseluruhan.

Untuk mengaktifkan mode ini di iWatch, buka Pengaturan. Kemudian, gulir ke bawah dan pilih Olahraga. Geser sakelar untuk mengaktifkan Mode Hemat Daya.

(brl/red)