8 Cara memperbaiki Google Maps yang tidak berfungsi biar kamu tidak tersesat  

8 Cara memperbaiki Google Maps yang tidak berfungsi biar kamu tidak tersesat  

Techno.id - Google Maps sering menjadi teman perjalanan yang andal, namun gangguan sesekali dapat membuat kita terdampar. Masalah seperti pemadaman server, kurangnya konektivitas internet, pengaturan waktu dan tanggal yang salah, atau penggunaan data latar belakang yang terbatas dapat menyebabkan masalah ini. Berikut adalah beberapa langkah pemecahan masalah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Lakukan beberapa pemeriksaan pendahuluan

8 Cara memperbaiki Google Maps yang tidak berfungsi biar kamu tidak tersesat foto: freepik/rawpixel.com

Mulailah proses pemecahan masalah dengan beberapa pemeriksaan dasar. Pertama, reboot perangkat kamu untuk mengesampingkan gangguan sementara. Kemudian, pastikan perangkat kamu terhubung ke internet, dan jika menggunakan data selular, konfirmasikan bahwa paket data belum kedaluwarsa atau habis. Selain itu, jika kamu terhubung ke Internet melalui VPN, matikan sementara.

2. Pastikan masalahnyabukandi backend

8 Cara memperbaiki Google Maps yang tidak berfungsi biar kamu tidak tersesat foto: freepik/syda-productions

Jika pemeriksaan dasar tidak menyelesaikan masalah, pastikan pemeriksaan tersebut tidak berasal dari server backend Google. Buka Dasbor Status Google Maps dan periksa apakah ada gangguan atau pemadaman layanan.

Jika kamu melihat tanda seru berwarna kuning atau tanda silang merah di tanda lingkaran yang menunjukkan gangguan atau pemadaman layanan, masalahnya ada pada server Google. Dalam hal ini, kamu harus menunggu Google memperbaiki masalah backend.

Di sisi lain, jika kamu melihat tanda centang hijau di sebelah setiap layanan, ini menunjukkan kemungkinan tidak ada masalah backend, dan masalahnya mungkin ada di pihak kamu. Dalam situasi ini, kamu harus mencoba memecahkan masalah perangkat.

3. Pastikan layanan lokasi dihidupkan

8 Cara memperbaiki Google Maps yang tidak berfungsi biar kamu tidak tersesat foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika tidak ada masalah backend di pihak Google, kamu harus memeriksa apakah layanan lokasi perangkat kamu diaktifkan atau tidak. Di iPhone, buka Pengaturan, buka Privasi dan Keamanan > Layanan Lokasi, lalu aktifkan sakelar.

Temukan Google Maps di antara aplikasi yang terdaftar, dan pastikan akses lokasi disetel ke "Saat Menggunakan Aplikasi" atau " Selalu." Juga, aktifkan "Lokasi yang Tepat."

Jika kamu menggunakan perangkat Android, buka aplikasi Pengaturan dan navigasikan ke "Lokasi." Nyalakan sakelar, lalu buka "Izin Aplikasi." Temukan Google Maps di antara aplikasi dan tinjau pengaturan izinnya. Pastikan lingkaran di sebelah "Izinkan Hanya Saat Menggunakan Aplikasi" atau "Tanya Setiap Saat" dipilih.

4. Pastikan tanggal dan waktu dikonfigurasi dengan benar

8 Cara memperbaiki Google Maps yang tidak berfungsi biar kamu tidak tersesat foto: freepik/eyeem

Pengaturan tanggal dan waktu yang salah dapat mengganggu komunikasi antara perangkat kamu dan server Google, Ini dapat menyebabkan masalah dengan layanan Google Maps. Untuk mencegahnya, pastikan tanggal dan waktu dikonfigurasi dengan benar.

Buka aplikasi Pengaturan di iPhone kamu, lalu navigasikan ke Umum > Tanggal dan Waktu. Di sini, alihkan "Setel Secara Otomatis" untuk memungkinkan iPhone kamu menyesuaikan tanggal dan waktu berdasarkan lokasi ponsel.

Di Android, buka aplikasi Pengaturan dan buka Manajemen Umum > Tanggal dan Waktu. Aktifkan "Tanggal dan Waktu Otomatis" dan "Zona Waktu Otomatis."

(brl/red)