8 Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai survival kit di alam liar untuk keadaan darurat

8 Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai survival kit di alam liar untuk keadaan darurat

Techno.id - Dahulu, saat ingin mendaki gunung, berkemah, atau menjelajah rimba, selain membawa perbekalan (logistik), biasanya orang akan membawa survival kit. Tujuan membawa perlengkapan bertahan hidup ini untuk mengantisipasi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkanatau keadaan darurat.

Kini, di era digital, smartphone selain berfungsi sebagai alat komunikasi dan mencari sumber informasi, ternyata gadget ini juga bisa dijadikan pengganti survival kit. Dengan membawa smartphone, setidaknya kamu masih bisa berkomunikasi dengan orang tercinta atau keluarga ketika di wilayah yang kamu jelajahi masih mendapatkan layanan selular.

Selain itu, kamu juga tidak akan pernah tahu kapan menghadapi kondisi darurat. Smartphone bisa sangat membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Artinya, fakta bahwa setiap orang cenderung membawa ponsel cerdas mereka ke mana pun mereka pergi menjadikannya pilihan yang ideal sebagai alat bertahan hidup.

Untungnya, perangkat ini juga memiliki beberapa fitur dan instrumen bawaan yang membuatnya sangat berguna dalam situasi di mana kamu tidak memiliki akses ke alat bertahan hidup tradisional yang biasanya dibawa para petualang. Berikut adalah beberapa cara menggunakan ponsel cerdas untuk memastikan kamu tetap aman saat bertualang di alam liar.

1. Gunakan peta untuk navigasi

8 Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai survival kit di alam liar untuk keadaan darurat foto: freepik/rawpixel.com

Peta yang baik sangat penting untuk perjalanan di hutan belantara. Tanpa rambu-rambu atau orang lain untuk membimbing kamu, akan sangat mudah tersesat. Tak menutup kemungkinan kamu bakal menghadapi cuaca buruk, cahaya redup, atau kurangnya tempat berlindung, dan ini bisa menjadi situasi berbahaya, bahkan berpotensi fatal.

Mengetahui di mana kamu berada, seperti lokasi perkemahan dan arah perjalanan untuk mendapatkan bantuan semuanya penting dan hal itu bisa dilakukan dengan peta.

Untungnya, kemajuan teknologi GPS dan sistem navigasi membuat hampir setiap ponsel modern memiliki aplikasi peta yang canggih. Dua yang paling popular adalah Google Maps dan Apple Maps. Jadi siapa pun yang menggunakan perangkat Android atau iPhone harus dilindungi. Apa pun yang kamu gunakan, harus memiliki akses ke fitur dasar yang sama, termasuk kemampuan merencanakan rute, mendapatkan petunjuk arah, dan melihat dengan tepat di mana kamu berada.

Aplikasi peta bahkan memungkinkan kamu beralih antara tampilan peta standar dan mode satelit yang menawarkan gambaran lanskap yang lebih baik. Terlebih lagi, aplikasi peta bisa berfungsi dengan konektivitas terbatas.

Jadi kamu tidak perlu khawatir kehilangan akses internet dan dapat menggunakannya. Tentu saja, untuk menambah ketenangan pikiran, kamu dapat mengunduh area peta langsung ke perangkat kamu untuk mencegah kekhawatiran memuat peta secara online. Opsi ini juga akan membantu menghemat daya baterai. Aplikasi peta ini juga dilengkapi dengan kompas, karena ponsel cerdas umumnya memiliki sistem internal untuk mengetahui arah.

2. Gunakan kamera untuk mengidentifikasi tanaman

8 Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai survival kit di alam liar untuk keadaan darurat foto: freepik/pvproductions

Saat situasi darurat di dalam hutan, seseorang biasanya harus mencari makanan. Salah satu pilihannya adalah dengan berburu, namun harus memiliki peralatan yang memadai. Karena itu menemukan dan memetik berbagai tanaman dan buah yang dapat dimakan yang tumbuh di daerah setempat mungkin merupakan pendekatan yang jauh lebih dapat dicapai.

Memakan tanaman yang salah dapat memperburuk keadaan, karena banyak yang beracun dan dapat membuat kamu sakit atau bahkan terbunuh dalam keadaan yang ekstrim.

Untuk memeriksa tanaman tersebut, kamu bisa menggunakan Google Lens atau dengan aplikasi pihak ketiga seperti PictureThis.Dengan hanya mengambil foto tanaman yang dimaksud, kamu dapat menjalankannya melalui aplikasi ini dan membiarkan AI melakukan keajaibannya untuk menentukan jenis tanaman apa itu. Namun aplikasi ini tidak selalu 100% akurat, jadi sering kali perlu memverifikasi dengan menggunakan lebih dari satu aplikasi, hanya demi kehati-hatian.

3. Siapkan ID Med agar tim penyelamat bisa mendapatkan informasi penting

8 Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai survival kit di alam liar untuk keadaan darurat foto: freepik/rawpixel.com

Jika terjadi kondisi darurat saat berkemah dan kamu kehilangan kesadaran, penting bagi setiap calon penyelamat untuk mengakses informasi medis kamu. Lagi pula, jika kamu tidak dapat berbicara, tidak akan ada cara bagi kamu untuk mengomunikasikan detail penting yang mungkin relevan, seperti golongan darah atau potensi alergi.

Baik Google dan Apple telah menyiapkan sistem sehingga kamu dapat memasukkan informasi medis ke dalam ponsel cerdas dan membuatnya dapat diakses oleh siapa pun yang memegang ponsel kamu. ID Medis di iPhone dan Keamanan Pribadi di Android bekerja dengan cara yang hampir persis sama.

Kamu dapat memasukkan semua informasi pribadi, termasuk berat dan tinggi badan serta memberikan informasi tambahan apa pun yang mungkin berguna bagi staf medis atau penyelamat. Dimungkinkan juga untuk membuat daftar beberapa orang dekat yang mungkin ingin kamu hubungi dalam keadaan darurat, seperti orang tua atau pasangan kamu.

Setelah kamu memasukkan semua data, informasi tersebut dapat diakses langsung dari layar kunci tanpa perlu mengetahui kode sandi kamu, sehingga pihak ketiga dapat mengaksesnya jika kamu tidak dapat membuka kunci ponsel. Dengan menggunakan fitur ini, mereka bahkan dapat menghubungi kontak darurat kamu.

4. SOS darurat dapat membagikan lokasi kamu

8 Cara menggunakan ponsel cerdas sebagai survival kit di alam liar untuk keadaan darurat foto: freepik/kitinut

Selain menyediakan layanan darurat dengan detail pribadi yang penting, iPhone dan perangkat Android juga dapat membantu memberi tahu orang yang tepat jika kamu mengalami kecelakaan atau situasi darurat. Sistem ini biasanya dapat diatur untuk mengirimkan peringatan otomatis jika mendeteksi ada yang tidak beres, seperti tabrakan mobil, tetapi juga dapat diaktifkan secara langsung dengan masuk ke halaman pengaturan yang sesuai hanya dengan beberapa klik mudah.

Di Android, ini dilakukan melalui aplikasi Keamanan Pribadi. Setelah berada di aplikasi, kamu dapat menambahkan banyak informasi dan mengaktifkan berbagai opsi. Misalnya, kamu dapat mengatur kontak darurat yang akan mengirimkan lokasi kamu jika memulai fitur SOS Darurat, sehingga mereka mengetahui ada sesuatu yang salah dan di mana mereka dapat menemukan kamu. Opsi tersebut juga dapat melakukan hal yang sama dengan layanan darurat, mengirimkan informasi responden pertama dan memungkinkan kamu merekam video atau audio.

Di iPhone, prosesnya sama. Kamu dapat mengatur kontak darurat dan meminta ponsel cerdas mengirimkan informasi yang relevan kepada mereka atau layanan darurat. Dengan SOS Darurat versi Apple, kamu juga dapat menggunakan koneksi satelit untuk tetap terhubung dengan layanan darurat dan mendapatkan lokasi kamu.

(brl/red)